Wonder of Five Fairy : Game untuk Menarik Minat Baca Berbasis Android

Idhawati Hestiningsih, Budi Suyanto, Siti Nur Khotimah

Abstract


Membaca merupakan salah satu yang diperlukan untuk menambah pengetahuan terutama bagi siswa. Pada area global sekarang, smartphone beserta aplikasi game di dalamnya membuat banyak siswa lebih tertarik bermain game dibandingkan dengan membaca. Permasalahan itulah menjadi ide bagaimana menggabungkan antara membaca dengan aplikasi sehingga menghasilkan minat baca. Jika membaca dengan bentuk tulisan saja maka akan lebih cepat bosan, untuk itu penambahan musik, audio suara dan percakapan akan mendukung menarik minat baca. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode waterfall, meliputi tahapan analisis, desain sistem, pengkodean dan pengujian. Berdasarkan hasil pengujian peningkatan minat baca melalui metode kuisioner ditunjukan tingginya tingkat kepuasan pengguna 81,83% dengan indikator sangat puas. Aplikasi ini telah berhasil diimplementasikan pada android dengan jenis kitkat ke atas.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v8i1.1774

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v8i1.1774.g106744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

08112782211
jtet@polines.ac.id

 
 Creative Commons License
 
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor