ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH BANK SYARIAH PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA.

Lela Umi Farikha, Suryani Sri Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh variabel Compliance, Assurance, Reliability, Tangibles, Emphaty, Responsiveness Terhadap keputusan nasabah memilih bank Syariah, baik secara simultan maupun parsial.

Populasi dalam penilitian ini adalah nasabah Bank Umum Syariah di kota Semarang. Dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel randome sampling didapat 150 responden nasabah bank umum Syariah di kota semarang yang layak untuk di analisis. Model analisis dalam penelitian ini menggunakan model analisis regresi linier berganda. Sedangkan teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji F, uji koefisien determinasi (R2), dan uji t dengan menggunakan spss 24.0.

Berdasarkan pembuktian dan pengujian hipotesis penelitian menunjukan Compliance, Assurance, Reliability, Tangible, Emphaty, dan Responsiveness secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih bank Syariah. Selanjutnya secara parsial Compliance, Assurance, Reliability, Tangibles, Emphaty, dan Responsiveness berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih bank Syariah.


Keywords


keputusan nasabah, Compliance, Assurance, Reliability, Tangibles, Emphaty, dan Responsiveness.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Muniaty, Umiyati Dan Riyan Apriansyah. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dengan Religious Behavio Sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Pada Produk Tabungan BNI Syariah). Jurnal Liquidity. Vol. 6. No. 2.

Arifin, Zainul. 2003. Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta: Alvabet.

Al-Hashedi, Abdullah Hussein dan Sanad Ahmed Abkar. 2017. The Impact of Service Quality Dimensions on Customer Satisfaction in Telecom Mobile Companies in Yemen. American Journal of Economics. Vol. 7. No. 4.

Bank Indonesia 1998, Undang-Undang Republik Indonesia No 10 Tahun 1998 Lembaga Perbankan.

Bank Indonesia 2008, Undang-Undang Republik Indonesia No 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.

Cahyani, Putri Dwi. 2016. Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 6. No. 2.

Dendawijaya, Lukman. 2000. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Dendawijaya, Lukman. 2003. Manajemen Perbankan. Edisi Kedua. Jakarta: Ghalia.

Destiana, Harsi Annisa, Iis Mariam dan Azwar. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Merchant Pada PT Bank Mandiri Persero Tbk Kantor Area Bekasi Jatiwaringin. Jurnal Epigram. Vol. 12. No. 1.

Evi Yupitri Raina Linda Sari (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri Di Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1, No. 1, Desember 2012.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, Uswatun. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Palu Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah. Jurnal Penelitian Ilmiah. Vol. 1. No. 1.

Jumlah Nasabah Bank Syariah dan Konvensional. http://www.beritasatu.com Diakses 11 Juli 2018.

Sumar’in. 2012. Konsep Kelembagaan Bank Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumarni, Murti dan Salamah Wahyuni. 2006. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Supardi. 2005. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press.

Othman, AbdulQawi dan Lynn Owen. 2001. Adopting And Measuring Customer Service Quality (Sq) In Islamic Banks: A Case Study In Kuwait Finance House. International Journal of Islamic Financial Services. Vol. 3. No. 1.

Otoritas Jasa Keuangan. 2018. Statistik Perbankan Indonesia. Vol. 16. No. 6.

Wiroso. 2009. Produk Perbankan Syariah. Jakarta: LPFE Usakti.

Zuhri, Ach. dan Rudy Haryanto. 2016. Dimensi CARTER Dalam Peningkatan Kualitas Layanan BPRS Bhakti Sumekar Sumenep Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. Vol. 3. No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lela Umi Farikha, Suryani Sri Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.