PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI DIGITAL MARKETING DAN PENGENALAN E- COMMERCE PADA PKK DESA KARANGDOWO KEDUNGWUNI

Rizka Ariyanti, M.Iqbal Notoatmojo, Siska Dewi, Anni Safitri, Kusuma Wijaya, Fangela Myas Sari

Abstract


ABSTRAK: Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan ibu PKK desa Karangdowo, kecamatan Kedungwuni. Masalah utama yang dihadapi pada ibu PKK di desa Karangdowo kecamatan Kedungwuni adalah kurangnya pengetahuan tentang cara memasarkan produk dan melakukan promosi secara digital. Hal tersebut membuat tim PKK desa Karangdowo mengundang dari Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan sebagai narasumber. Hal tersebut menjadi dasar dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Tema dari pengabdian yaitu pemberdayaan perempuan melalui digital marketing dan pengenalan e-commerce pada PKK desa Karangdowo, kecamatan Kedungwuni. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu untuk mengedukasi ibu PKK dalam hal pemasaran melalui digital marketing dan pengenalan e-commerce. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat adalah observasi lapangan, menyusun rencana kegiatan, membuat materi kegiatan, implementasi kegiatan serta monitoring dan evaluasi. Dengan pengabdian ini dapat membuka wawasan ibu PKK desa Karangdowo, kecamatan Kedungwuni agar dapat mengembangkan diri melalui pelatihan digital marketing yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian di masa mendatang.

Kata kunci : Marketing, Digital Marketing, Peningkatan Ekonomi.


Full Text:

PDF

References


Ascharisa Mettasatya Afrilia. 2018. Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi1 (1). Hal 147–157.

Maulinda Widiawat, Ayu, Anggi Aprilia Pratiwi, & Galang Bimandra. pelatihan digital marketing strategy untuk mencapai kemandirian masyarakat 2019. Vol. 3, No. 1, Hal. 147-157.

Purwana ES, Dedi, Rahmi,Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM).Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM)1(1). 1–17.

T. Pradiani, V. Penjualan, and S. Malang, “Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil,” vol. 11, pp. 46–53, 2017.

Wardana, Aditya. 2018. Strategi Digital marketing Dan

Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional: Forum Keuangan dan Bisnis IV, Th 2015. ISBN : 978-602-17225-4- 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.