PENGENALAN DIGITAL MARKETING PADA MEDIA E-COMMERCE BAGI WANITA KELOMPOK PKK DI KOTA SEMARANG

Sri Hardiningsih, Sam’ani Sam’ani, Idhawati Hestiningsih

Abstract


ABSTRAK: Ibu-ibu PKK di Kota Semarang khususnya yang berkediaman di Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik perlu dikenalkan pada media e- commerce untuk membantu proses pemasaran produk rumahannya. Hal ini penting bahwa digital marketing sangat potensial untuk dikembangkan. Melalui media sosial dapat membangun brand dan membangun komunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan dengan bantuan penggunaan new media internet dan untuk mempromosikan produknya. Untuk itulah kegiatan pengabdian kali ini tentang mengenalkan kepada kelompok PKK mengenai pengenalan digital marketing, pelatihan e-commerce dan perancangan pesan persuasif. Pengetahuan tentang digital marketing tidak hanya pada kajian promosi dan pemasaran saja, tetapi juga sudah mencakup pada proses komunikasi dan penjualan. Sementara itu banyak masyarakat yang menggunakan media internet ini namun belum mengerti bagaimana menggunakan teknologi secara bijak. Hasilnya kegiatan ini wanita kelompok PKK mencoba memasarkan produknya melalui Shopee Food dan Grabfood dan GoFood.

Kata Kunci: pemberdayaan perempuan, digital marketing, e-commerce, pesan persuasif.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsip Kelurahan Gedawang, 2019 Cresswell, John. W, 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar. Hermawan, Agus. Pemasaran.2012.

Komunikasi Penerbit

P-ISSN : 2830-3636

Erlangga: Jakarta

Jacobsen, Bjorn P (2009), Investor

Creativity. Journal of Place

Management

and

Development Vol 2 No 1 Kriyantono, Rakhmat, 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta:

Prenada Kencana

Rangkuti, Freddy. Strategi promosi yang

kreatif dan analis kasus IMC.2009. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Sulaksana, 2007. Integrated Marketing Communication, Jakarta: Quantum.

JAMASKU 189

P-ISSN : 2830-3636

Saputra, Wahidin, 2011, Public Relations Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber, Depok: Gramata Publishing

Tjiptono, Fandy, 2009. Strategi Pemasaran: Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Publisher.

Wiley, Yoeti. A. Oka, 1996. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Perca.

Yananda, M Rahmat.Branding Tempat Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi Berbasis Identitas.2011. PT Makna Informasi Indonesia: Jakarta

Internet

Ardhoyo, TE, Juni 2013, “Peran dan Strategi Humas (Public Relation) dalam

Mempromosikan Produk Perusahaan” Jurnal Volume 1, https://www.google.co.id/url?sa=t&r ct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=6 &ved=0C EMQFjAFahUKEwjr1t3cwsHHAh WEJI4KHRaTASY&url=http%3A% 2F%2Fejournal.jur


Refbacks

  • There are currently no refbacks.