RANCANG BANGUN E-MARKETPLACE DAN PENDAMPINGAN PRODUKSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PADA USAHA JAMU 3 PUTRI

Sugiarti Sugiarti, Sarana Sarana, Sri Rahayu Zees, Prima Ayundyayasti

Abstract


ABSTRAK: Usaha Jamu 3 Putri dalam mengelola usaha dan pemasaran belum maksimal, peralatan penggiling empon-empon yang dimiliki untuk membuat wedang racik terbatas. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan kompetensi mitra dalam menghadapi masalah tersebut. Berdasarkan kesepakatan dengan mitra, permasalahan yang dihadapi akan dibantu dengan memberikan pelatihan manajemen pengelolaan usaha, pemasaran online dan membantu peralatan berupa alat penggiling empon-empon. Dengan dilaksanakannya program ini, mitra dapat menjalankan usahanya dengan lebih baik, dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produk serta memperluas pasar sasaran.

Kata Kunci: Usaha, Jamu, Wedang Racik.


Full Text:

PDF

References


Imroatul Khasanah, 2004, Pengaruh Teknologi Informasi Pada Strategi Pemasaran Internasional Terhadap Pangsa Pasar Luar Negeri. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, Vol. 1 No.

M. Darussawa, Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Di Era Global, Jurusan Keuangan dan Perbankan Politeknik Swadharma

Jakarta.

Haming, Mahfud Nurnajamuddin, 2011, Manajemen Produksi Modern, Operasi Manufaktur dan Jasa – Buku 1, PT Bumi Aksara, Jakarta.

JAMASKU 151

Murdifin

Nazaruddin, 2008, Manajemen Teknologi, Graha Ilmu,

Yogyakarta.

Pasar Jamu Nguter Sukoharjo: Sentra Ramuan Sehat Tradisional di Solo By

Ravik

wonderfulsolo, Diunduh 10 Juli 2017.

Karsidi, 2005, Pemberdayaan Masyarakat untuk Usaha Kecil dan Mikro (Pengalaman Empiris di Wilayah Surakarta, Jateng), disampaikan dalam seminar nasional, IPB Bogor.

Suwinardi, Arif Nursyahid, 2011, Manajemen Industri, Semarang, Polines

Semarang.

Tri Maryati, 2002, Perencanaan Sumber Daya Manusia Menyongsong Era Globalisasi: Sebuah Konsep, Utilitas, Vol. 10

No 1.

Parastuty, Joniarto Parung, Ivana Jurusan Teknik Industri, Universitas Surabaya, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Di Surabaya, Sidoarjo, Dan Gresik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.