PENDAMPINGAN VALIDASI MATERI UJI KOMPETENSI PADA LSP P1 POLIMARIN DENGAN MODEL SPATIAL LEARNING INTERACTIVE

M. Noor Ardiansah, Alvianita Gunawan, M.Asrori, Novitasari Eviyanti, Moh.Haris Rani Raharjanti, Ulfah Hidayati, Eka Murtiasri, Sri Murtini, Susena

Abstract


Eksistensi LSP P1 pada Polimarin sangat penting dan menentukan bekal sertifikasi kompetensi kemaritiman untuk lulusannya, namun sejauh ini belum pernah melakukan validasi materi uji kompetensi (MUK). Hal tersebut berisiko terhadap penerapan, relevansi dan reliabilitas baik teknologi, proses, teknik dan prosedur bidang maritim. Pendampingan secara intensif perlu dilakukan namun terkendala status pandemi Covid-19. Model Spatial Learning Interactive dilakukan agar pemahaman proses validasi materi uji kompetensi dengan pola PLOR (Problem, Location, Objective Evidence dan Reference) pada empat aspek validasi perangkat asesmen, proses asesmen, pelaksanaan asesmen dan pengambilan keputusan tercapai. Kegiatan Sosialisasi dilakukan dengan penyampaian materi tentang konsep, proses, prosedur dan dokumentasi validasi materi uji kompetensi kepada Direktur, Manajer dan Asesor LSP. Tahapan selanjutnya adalah Penyusunan Dokumen Validasi MUK dilakukan dalam penugasan mandiri secara interaktif yang melibatkan partisipasi mitra untuk melakukan proses identifikasi dan pengecekan validasi materi uji kompetensi. Tahapan berikutnya adalah membuat loka karya terstruktur untuk mengevaluasi dokumentasi validasi oleh pendamping sekaligus merumuskan hasil baik secara daring. Tahapan evaluasi akhir dilakukan selama masa dua bulan setelah penyusunan dokumen validasi untuk mengetahui tingkat efektivitas materi uji. sehingga diharapkan dapat diperoleh dokumen materi uji kompetensi yang valid.

Full Text:

PDF

References


BNSP. (2017). Pedoman

Pelaksanaan Sertifikasi

Kompetensi Bagi Lulusan

SMK. Kemdikbud.Go.Id.

https://psmk.kemdikbud.go

.id/konten/2289/pedomanpelaksanaan-sertifikasikompetensi-bagi-lulusansmk

Chowdhury, T. G., Fenton, A. A., &

Aoki, C. (2021). Effects of

adolescent experience of food

restriction and exercise on

spatial learning and open field

exploration of female rats.

Hippocampus, 31(2), 170-188.

Fathurrochim, M. R., & Solikin,

M. (2017). Pelaksanaan Uji

Kompetensi Di Tuk Tkr

Lsp-P1 Smk Se-Kota

Yogyakarta. Jurnal

Pendidikan Teknik

Otomotif, XIX(2), 85–98.

http://journal.student.uny.

ac.id/ojs/index.php/otomotif

-s1/article/view/10149

Gagnon, D. M. (1986). Interactive

versus observational media:

The influence of user control

and cognitive styles on spatial

learning. Harvard University.

Harjaya, S. (2017). LSP:

Persyaratan & Cara

Pendirian LSP (Lembaga

Sertifikasi Profesi).

Sertifikasibnsp.Com.https://sertifikasibnsp.com/lsp/

Jaenudin, D., Wiratno, A., &

Putri, N. K. (2017).

Pengaruh Kompetensi

Sumber Daya Manusia

Pengelola Aset dan

Pengendalian Intern

Manajemen Aset Tetap

Terhadap Keandalan

Informasi Aset Tetap pada

SKPD Pemda Kabupaten

Cirebon. Simposium

Nasional Akuntansi XX,

Jember, 3, 1–18.

Mohl, R. (1981). Cognitive space in

the interactive movie map: an

investigation of spatial learning

in virtual environments

(Doctoral dissertation,

Massachusetts Institute of

Technology).

Rahman, A. (2022). Upaya

Peningkatan Standar

Kompetensi Lulusan. Adiba:

Journal Of Education, 2(1),

-132.

Riana, R., & Sugiarti, R. (2020).

Penerapan Pembelajaran

Bahasa Indonesia Dalam

Konsep Merdeka BelajarKampus Merdeka. In USM.

https://repository.usm.ac.id

/files/proceding/A021/A021-

pdf

Rivolindo, Riyanto, B., & Sita, L.

P. (2019). Pembinaan dan

Pembentukan Nilai-nilai

Karakter pada Taruna

Politeknik Pelayaran

Sumatera Barat. Jurnal

Penelitian Pendidikan

Indonesia, 4(1), 1–6.

Saleh, M. (2020). Merdeka

Belajar di Tengah Pandemi

Covid-19. Prosiding

Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.

http://proceedings.ideaspu

blishing.co.id/index.php/ha

rdiknas/article/view/8

Tobing, F., & Manurung, N. (2021).

Meningkatkan Kompetensi

Lulusan Pendidikan Vokasi

Melalui Kerjasama Kemitraan

Dengan Industri Dunia Usaha

dan Dunia Kerja (IDUKA).

Zubaidi, N., Cahyono, D., &

Maharani, A. (2019).

Pengaruh Kompetensi

Sumber Daya Manusia dan

Pemanfaatan Teknologi

Informasi terhadap

Kualitas Laporan

Keuangan. International

Journal of Social Science

and Business, 3 (2), 68.

https://doi.org/10.23887/ijss

b.v3i2.17579


Refbacks

  • There are currently no refbacks.