PENDAMPINGAN VALIDASI MATERI UJI KOMPETENSI PADA LSP P1 POLIMARIN DENGAN MODEL SPATIAL LEARNING INTERACTIVE
Abstract
Eksistensi LSP P1 pada Polimarin sangat penting dan menentukan bekal sertifikasi kompetensi kemaritiman untuk lulusannya, namun sejauh ini belum pernah melakukan validasi materi uji kompetensi (MUK). Hal tersebut berisiko terhadap penerapan, relevansi dan reliabilitas baik teknologi, proses, teknik dan prosedur bidang maritim. Pendampingan secara intensif perlu dilakukan namun terkendala status pandemi Covid-19. Model Spatial Learning Interactive dilakukan agar pemahaman proses validasi materi uji kompetensi dengan pola PLOR (Problem, Location, Objective Evidence dan Reference) pada empat aspek validasi perangkat asesmen, proses asesmen, pelaksanaan asesmen dan pengambilan keputusan tercapai. Kegiatan Sosialisasi dilakukan dengan penyampaian materi tentang konsep, proses, prosedur dan dokumentasi validasi materi uji kompetensi kepada Direktur, Manajer dan Asesor LSP. Tahapan selanjutnya adalah Penyusunan Dokumen Validasi MUK dilakukan dalam penugasan mandiri secara interaktif yang melibatkan partisipasi mitra untuk melakukan proses identifikasi dan pengecekan validasi materi uji kompetensi. Tahapan berikutnya adalah membuat loka karya terstruktur untuk mengevaluasi dokumentasi validasi oleh pendamping sekaligus merumuskan hasil baik secara daring. Tahapan evaluasi akhir dilakukan selama masa dua bulan setelah penyusunan dokumen validasi untuk mengetahui tingkat efektivitas materi uji. sehingga diharapkan dapat diperoleh dokumen materi uji kompetensi yang valid.References
BNSP. (2017). Pedoman
Pelaksanaan Sertifikasi
Kompetensi Bagi Lulusan
SMK. Kemdikbud.Go.Id.
.id/konten/2289/pedomanpelaksanaan-sertifikasikompetensi-bagi-lulusansmk
Chowdhury, T. G., Fenton, A. A., &
Aoki, C. (2021). Effects of
adolescent experience of food
restriction and exercise on
spatial learning and open field
exploration of female rats.
Hippocampus, 31(2), 170-188.
Fathurrochim, M. R., & Solikin,
M. (2017). Pelaksanaan Uji
Kompetensi Di Tuk Tkr
Lsp-P1 Smk Se-Kota
Yogyakarta. Jurnal
Pendidikan Teknik
Otomotif, XIX(2), 85”“98.
ac.id/ojs/index.php/otomotif
-s1/article/view/10149
Gagnon, D. M. (1986). Interactive
versus observational media:
The influence of user control
and cognitive styles on spatial
learning. Harvard University.
Harjaya, S. (2017). LSP:
Persyaratan & Cara
Pendirian LSP (Lembaga
Sertifikasi Profesi).
Sertifikasibnsp.Com.https://sertifikasibnsp.com/lsp/
Jaenudin, D., Wiratno, A., &
Putri, N. K. (2017).
Pengaruh Kompetensi
Sumber Daya Manusia
Pengelola Aset dan
Pengendalian Intern
Manajemen Aset Tetap
Terhadap Keandalan
Informasi Aset Tetap pada
SKPD Pemda Kabupaten
Cirebon. Simposium
Nasional Akuntansi XX,
Jember, 3, 1”“18.
Mohl, R. (1981). Cognitive space in
the interactive movie map: an
investigation of spatial learning
in virtual environments
(Doctoral dissertation,
Massachusetts Institute of
Technology).
Rahman, A. (2022). Upaya
Peningkatan Standar
Kompetensi Lulusan. Adiba:
Journal Of Education, 2(1),
-132.
Riana, R., & Sugiarti, R. (2020).
Penerapan Pembelajaran
Bahasa Indonesia Dalam
Konsep Merdeka BelajarKampus Merdeka. In USM.
/files/proceding/A021/A021-
Rivolindo, Riyanto, B., & Sita, L.
P. (2019). Pembinaan dan
Pembentukan Nilai-nilai
Karakter pada Taruna
Politeknik Pelayaran
Sumatera Barat. Jurnal
Penelitian Pendidikan
Indonesia, 4(1), 1”“6.
Saleh, M. (2020). Merdeka
Belajar di Tengah Pandemi
Covid-19. Prosiding
Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51”“56.
blishing.co.id/index.php/ha
rdiknas/article/view/8
Tobing, F., & Manurung, N. (2021).
Meningkatkan Kompetensi
Lulusan Pendidikan Vokasi
Melalui Kerjasama Kemitraan
Dengan Industri Dunia Usaha
dan Dunia Kerja (IDUKA).
Zubaidi, N., Cahyono, D., &
Maharani, A. (2019).
Pengaruh Kompetensi
Sumber Daya Manusia dan
Pemanfaatan Teknologi
Informasi terhadap
Kualitas Laporan
Keuangan. International
Journal of Social Science
and Business, 3 (2), 68.
b.v3i2.17579