IMPLEMENTASI PENGHITUNGAN HARGA POKOK DAN PENINGKATAN PRODUKTIFITAS UMKM RUMAH MAKAN “AYAM TIKTOK” TEMBALANG SEMARANG
Abstract
Pandemi Covid 19 menjadikan Usaha Mikro Ayam Tik Tok penjualan turun sangat tajam hingga 70 persen. Dengan keterbatasan pengetahuan manajemen wirausaha di bidang keuangan, produksi dan pemasaran, upaya bangkit kembali dari keterpurukan dapat ditempuh melalui berbagai alternatif sesuai kebutuhan yang urgen. Permasalahan yang dihadapi Warung Makan Ayam Tik Tok adalah menentukan harga pokok produksi dengan kemasan baru, sarana promosi tidak representatif. Metode Pelaksanaan adalah pelatihan dan pendampingan impelementasi penghitungan harga pokok produksi, kemasan produk ramah lingkungan, pemasaran dan produksi pada Usaha Mikro Ayam Tik Tok guna. Hasil yang diperoleh adalah penentuan HPP yang memadai dan kemasan produk yang layak jual. Diharapkan setelah pelatihan ini penjualan produk meningkat, terutama dengan adanya penjualan online via go food.
Full Text:
PDFReferences
Arbainah, dkk. 2016. Strategi
Pengembangan Usaha
Industri Mikro Pengolahan
Makanan Ringan Desa
Wisata Jambearum
Kabupaten Kendal. Hasil
Penelitian Tidak di
Pulikasikan. P3M. Polines.
Linawati, Evi; Restuti MI Mitha
Dwi, Unissula, IISN 2302 -
Vo;. 2 No. 1 May 2015
Wahyudi, Eko & Utomo, Agus &
Mariana, Novita. 2019.
Pengelompokan Jenis Usaha
Umkm Kota Semarang
Dalam Rangka Proses
Pembinaan Dan
Pendampingan Untuk
Pengembangan Usaha
Dengan Teknik Data Mining.
Jurnal Dinamik, 24(1) hal 13-
http://kectembalang.semarangkota.
go.id/geografis-penduduk
diakses tanggal 26 maret
pkl 10.00 wib.
https://semarangterkini.wordpress.
com/2017/02/27/kelurahanbulusan-kecamatan tembalang-kota-semarang/
diakses tanggal 23 Maret
pukul 1. 32
Refbacks
- There are currently no refbacks.