ANALISIS PENGARUH HARGA, PRODUK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN MIE INSTAN MEREK INDOMIE (Studi Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang)

Noor Suroija, Bangun Edi Sudrajat

Abstract


Pesatnya  persaingan produk mie instan  di  Indonesia,  menuntut perusahaan untuk dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat  bertahan  dan  memenangi  persaingan. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui  pengaruh harga, produk  dan  iklan  terhadap  keputusan  pembelian mie instan Indomie.  Penelitian  ini  merupakan penelitian  yang  berjenis  deskriptif,  yaitu  penelitian  yang menggambarkan  obyek-obyek  yang  berhubungan  untuk  pengambilan  keputusan  yang  bersifat  umum. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  semua  mahasiswa Politeknik Negeri Semarang. Sampel dalam penelitian  ini adalah 100  orang  mahasiswa Politeknik Negeri Semarang yang pernah mengkonsumsi produk mie instan Indomie,  yang  diambil  secara  accidental  sampling.  Pengumpulan  datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis regresi linier berganda  yaitu,  Y = 0,219X1 + 0,343X2 + 0,372X3. variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel  dependen adalah variabel  iklan  (0,372), diikuti oleh variabel produk  (0,343) dan  terakhir adalah  variabel  harga  (0,219).  Hasil  uji  F dan uji t  membuktikan  bahwa  semua  variabel independen  (produk,  harga  dan  iklan)  mempunyai  pengaruh  positif terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian  mie instan Indomie.  Artinya  menurut  konsumen,  ketiga  variabel independen tersebut dianggap penting ketika akan membeli produk mie instan Indomie. koefisien determinasi  ( adjusted R 2 ) sebesar  0,524.  Hal  ini  berarti  52,4%  keputusan  pembelian  dapat dijelaskan oleh variabel harga produk, dan iklan, sedangkan sisanya yaitu 47,6%  dipengaruhi  oleh  variabel-variabel  lainnya  yang  tidak  diteliti  dalam penelitian ini.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.