Pengaruh Durabilitas Terhadap Stabilisasi Sub Base Jalan Dengan Fly Ash Dari Pltu Asam Asam Kalimantan Selatan

Arief Subakti Ariyanto

Abstract


Penggunanan  batu bara sebagai bahan bakar PLTU menyebabkan masalah serius terhadap lingkungan. Limbah yang dihasilkan dapan berupa fly ash, bottom ash dan gipsum yang selama ini di tumpuk pada gudang limbah.  Salah satu solusi penggunaan  Fly ash adalah sebagai material stabilisasi sub base jalan di sekitar lokasi. Suatu struktur perkerasan jalan setelah dilaksankan akan mengalami perubahan musim pengujan dan kemarau. Pada musimpenghujan lapis sub base akan mengalami  genangan air merupakan masalah yang harus diatasi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan manfaat penggunaan limbah fly ash untuk sub base jalan dan  pengaruh durabilitas akibat perubahan musim. Perubahan musim tersebut dapat dimodelkan dengan uji durabilitas dengan 12 siklus basah kering . Berdasarkan pengujian,sub base termasuk tanah   A-2 -7  sesuai USCS,dengan nilai  CBR  51% pada densitas maksimum melibihi yang dipersyaratkan yaitu sebagai sub base yaitu CBR 35 % dan nilai qu dari UCS test 22,702 kg/cm² pass the minimal requirement 22 kg/cm². Uji durabilitas menunjuk sample memberikan hasil prosentase kehilangan akibat siklus sebesar  6,43 %  kurang dari  10% for A-2-7 soil type.

Kata kunci :Fly ash, Sub base, Durability

Full Text:

Pdf

References


American Coal Ash Assosiation, (2003), Fly Ash Fact For Highway Engineers, FHWA IF 03 19, Federal Higway Adminstration US Departmen of Transportation, Washington DC.

Adha,Idmarmadi, (2009), Pengaruh Durabilitas Terhadap Daya Dukung Stabilisai Tanah Menggunakan Lempung Plastisitas Rendah Dengan kapur. Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung.

Al Hamoud,AS, Basma,AA.(1995) Cyclic swelling behaviour of clays, J Geotech. Eng. Div.121 PP. 562-565.

Bapeda,1995 : Keputusan Kepala Bapedal Nomor 03/Bapedal/09/1995,tentang Persyaratan Teknis Pengelolaan Limbah B-3, l, Jakarta.

Bapedal, (1999) : Peraturan Pemerintah Nomor 85 Tahun 1999, tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 1999, tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun,Jakarta

Chen, Fu Hua. (1975), Foundation On Expansive Soil, Elsevier Scientific Publishing Company, Amsterdam.

Departemen Pekerjaan Umum,(2007), Pedoman Perencanaan Stabilisasi Tanah dengan Bahan Serbuk Pengikat untuk Konstruksi Jalan, Jakarta.

Indraratna, B., Balasubramaniam, A.S., Khan, M.J., (1995) :” Effect of Fly ash with lime and cement on the behaviour of a soft clay”, Quarterly of Journal of Engineering Geology 28, pp 131-142.

Kezdi,(1979),Stabilized Earth Road, V Elsevier Scientific Publishing Companny Oxford Loomis TA. (1987), Essential of toxicology, 3rd ed, Lea & Febiger, Philadelpia, p. 198– 202.

Wardani,SPR (2008). “Pemanfaatan Limbah Batu Bara (Fly Ash) untuk Stabilisasi Tanah maupun Keperluan Teknik Sipil Lainnya dalam Mengurangi Pencemaran Lingkungan,”Pidato Pengukuhan Guru Besar. Undip,Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i1.760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ABOUT JOURNAL

 POLICIES

SUBMISSION

 PEOPLE


OFFICE INFORMATION

 Publisher : Politeknik Negeri Semarang  bangunrekaprima@polines.ac.id,  brmi.tekniksipil@gmail.com https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima
 Department of Civil Engineering, Politeknik Negeri Semarang (State Polytechnic of Semarang) Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275  +62 85877763164 For Journal Subscription

 View My Stats