ANALISIS PENGARUH PREFERENSI PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI TERHADAP EFEKTIVITAS FEEDER DI JALAN LOKAL

Cattelya Ester Magenda, Agus Muldiyanto, Galih Widyarini

Abstract


Pemerintah Kota Semarang meluncurkan layanan transportasi umum yang dapat menjangkau berbagai wilayah tempat tinggal masyarakat pinggiran kota berupa layanan feeder. Salah satu contoh koridor F2 terdapat kendala yaitu minimnya okupansi yang dipengaruhi oleh preferensi pemilihan moda transportasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas feeder di jalan lokal dan pengaruh preferensi masyarakat dalam pemilihan moda transportasi. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi gabungan (kualitatif dan kuantitatif). Teknik sampling yang digunakan adalah teknik probabilitas sampling area sampling (multistage sampling). Hasil olah data diperoleh 81,9% responden sangat setuju dengan tarif perjalanan yang berlaku, 77,7% responden setuju dengan kualitas pelayanan yang ada, dan 74,8% responden setuju dengan citra perusahaan saat ini. Hasil kinerja operasional F2 menunjukkan jumlah penumpang, load factor F2A & F2C, headway, kecepatan, panjang rute, waktu tunggu dan waktu perjalanan memenuhi syarat dari Departemen Perhubungan. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa preferensi pemilihan moda transportasi di jalan lokal berpengaruh terhadap efektivitas feeder.


Keywords


Angkutan Umum, Efektivitas Feeder, Preferensi Pemilihan Transportasi

Full Text:

PDF

References


Azali, Ichwinsyah, Edy Yusuf Agung Gunanto dan Nugroho SBM, 2018. Preferensi Konsumen Terhadap Transportasi Publik (Studi Kasus Bus Rapid Transit (BRT) Kota Semarang). Media Ekonomi Dan Manajemen Vol. 33 No. 1. Semarang: Universitas Diponegoro.

Faadilah, Mutiara Nurul. 2017. Analisa Penerapan Bus Feeder Brt Pada Kawasan Pondok Gede Bekasi Sebagai Solusi Mengurangi Kemacetan. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Harijan, Putu Wisnu P., DR. Ir. Ismiyati, MS, dan Ir. Moga Narayudha, Sp, 2012. Evaluasi Dan Perencanaan Sistem Feeder Jalan Prof. Soedarto, S.H Tembalang, Semarang. Jurnal Teknik Sipil Universitas Diponegoro, Semarang: Universitas Diponegoro.

Mustari, Muhammad Muammar. 2021. Penentuan Lokasi Potensial Halte dan Feeder BRT Mendukung Terwujudnya Sistem TOD di Kota Makassar. Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Nurjanah, Siti. 2019. Analisis Kinerja Angkutan Umum Bus Trans Semarang Koridor VI (Enam). Semarang: Universitas Semarang.

Radam, I.F. 2020. Kebijakan Perbaikan Angkutan Feeder untuk Menunjang BRT Berdasarkan Persepsi Masyarakat Pengguna. Buletin Profesi Insinyur 3 (1) 057-062.

Suraharta, I Made, Adelin Feblika Ananda dan Dessy Angga A, 2020. Perencanaan Angkutan Feeder Yang Melayani BRT Koridor 2 (Nusa dua-Bandara). Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat Vol.11 No.2, Kabupaten Bekasi: PTDI-STTD.

Trans Semarang. 2018. Peta Jaringan Trans Semarang. (diakses 16 Januari 2023). https://transsemarang.semarangkota.go.id/portal/page/ppid/397/trans-semarang-hasil-penelitian




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v9i2.5088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ABOUT JOURNAL

 POLICIES

SUBMISSION

 PEOPLE


OFFICE INFORMATION

 Publisher : Politeknik Negeri Semarang  bangunrekaprima@polines.ac.id,  brmi.tekniksipil@gmail.com https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima
 Department of Civil Engineering, Politeknik Negeri Semarang (State Polytechnic of Semarang) Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275  +62 85877763164 For Journal Subscription

 View My Stats