PENERAPAN GUIDING BLOCK BAGI TUNA NETRA JALUR PEDESTRIAN

Rendy Dwi Pangesti, Rifqi Aulia Abdillah

Abstract


Kemudahan bagi difabel merupakan wujud dari kesamaan dan kesempatan, dari segala aspek kehidupan sehingga dapat memudahkan dalam bergerak melalui dan menggunakan bangunan gedung dan lingkungan secara layak. Sehingga akses tersebut harus diterapkan secara maksimal, dengan tujuan mewujudkan kesamaan kesempatan dalam mencapai segala aspek kehidupan bagi semua tanpa terkecuali. Kajian ini difokuskan kepada aksesibilitas tunanetra guidingblock dengan mengambil kasus pada ruas jalan Karisedenan Surakarta dengan tujuan mengetahui penggunaan sarana aksesibilitas jalan sudah memfasilitasi kebutuhan dari penyandang tunanetra. Acuan dasar untuk kajian ini yaitu Kepmen PU No. 468/KPTS/1998 mengenai Persyaratan Teknis Aksesibilitas Pada Bangunan Umum dan Lingkungan yang menjadi parameter bagi penyediaan sarana aksesibilitas. Kajian ini ditemukan bahwa beberapa ruas jalan di Karesidenan Surakarta yang berupa sarana akesesibilitas yang ada belum aksesibel untuk diakses penyandang tunanetra, dimana ruas jalan tersebut belum memenuhi dari Kepmen PU No. 468/KPTS/1998 yang mensyaratkan tentang kemudahan, kegunaan, keselamatan, dan kemandirian bagi difabel.

Keywords


Guiding block, tunanetra, jalur pedestrian

Full Text:

PDF

References


Keputusan Menteri Pekerjaan Umum No. 468/KPTS/1998 tentang Persyaratan Teknis Aksesibilitas Pada Bangunan Umum dan Lingkungan.

Kurniawan, Haryy, dkk. 2014. Perancangan Aksesibilitas untuk Fasilitas Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Moleong, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (1998). Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1998 tentang Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat.

Thimoty VJ, Ikaputra, Dyah Titisari Widyastuti. 2016. Tesis Kajian Tingkat Walkability pada Kawasan Kampung, Studi Kasus: Kawasan Sosrowijayan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Undang-Undang Republik Indonesia. 1997. Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat.

Widaswara, Galuh Ajeng. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpakaian Melalui Metode Latihan dan Reward pada Anak Tunanetra Kelas 1 di SLBA Yaketunis. Skripsi, tidak diterbitkan, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v9i1.4505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats