KORELASI RAMALAN JOYOBOYO PASAR ILANG KUMANDANGE TERHADAP PEMASARAN DIGITAL DI ERA MARKETING 4.0 DI INDONESIA

Putu Pesa Nugraha

Abstract


Ramalan Jayabaya Pasar ilang kumandange, walaupun diciptakan pada masa sebelumnya,  secara tidak langsung mengindikasikan tentang korelasi perkembangan teknologi digital dan kemunculan pasar online yang menjadi kenyataan di era marketing 4.0. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan harus mampu memanfaatkan teknologi digital dan memahami perilaku konsumen di era digital ini untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis.Dalam konteks ini, dari tujuan penelitian ini perusahaan harus dapat menggunakan teknologi digital secara efektif untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efisiensi operasional . Berdasarkan Metode Penelitian, perusahaan juga harus memahami perilaku konsumen di era digital ini untuk dapat membuat strategi pemasaran yang tepat dan mengikuti tren pasar yang terus berubah. Hasil penelitian tentang korelasi Ramalan Jayabaya Pasar ilang kumandangeterhadap pemasaran digital di era marketing 4.0 dapat dijadikan inspirasi dan pedoman bagi perusahaan dalam menghadapi tantangan dan peluang di era pemasaran digital yang semakin dinamis dan kompleks. Dengan hasil penelitian tentang korelasi ini, perusahaan dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan yang terjadi dan memanfaatkan peluang yang ada untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis

Keywords


Ramalan Jayabaya, Pasar Ilang Kumandange, Pemasaran, Marketing 4.0

Full Text:

PDF

References


Feinstein, Alan H. 1994. Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, hlm. 276-280.

Toer, Soesilo. 2017. Jayabaya: Kisah dan Ramalannya. Jakarta: PT Balai Pustaka.

Purnomo, Agus. 2004. Kisah Ramalan Jayabaya. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Cahyono, Dwi. 2010. Sekilas Tentang Ramalan Jayabaya. Makalah Seminar Sejarah, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kotler, Philip, Hermawan Kartajaya, dan Iwan Setiawan. 2017. Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama.

Rusdiah, Rudi dan Sisca Siregar. 2019. Digital Marketing Strategy: Memenangkan Pasar di Era Digital. Penerbit: Elex Media Komputindo.

Ferry Hidayat dan Dian Kusuma Wardani. 2019. Digital Marketing in Action: Strategi dan Implementasi. Penerbit: Andi Offset.

Gagas Ferryanto. 2019. Seri Branding Marketing: Marketing Revolution 4.0. Penerbit: PT Elex Media Komputindo.

Kotler, Philip, Kartajaya, H., Setiawan, I., & Lie, C. 2020. Marketing 4.0: Understanding Digital Marketing Analytics for Decision - Making. Journal of Promotion Management, 26(1), 92-113. DOI: 10.1080/10496491.2020.1727298

Hartini, N. K. D., Wijaya, A. S., & Sugiono, A. 2020. Marketing 4.0 Implementation: An Analysis of Small and Medium Enterprises in Indonesia. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 23(3), 475-486. DOI: 10.14414/jebav.v23i3.2343

Lukas, B. A., & Ferrell, O. C. 2018. The Impact of Marketing 4.0 Strategies on Loyalty and Customer Engagement. Journal of Strategic Marketing, 26 (3), 249-266. DOI: 10.1080/0965254X.2017.1423309

Laman

Aryanto, Agus. 2022. E-commerce Semakin Memanjakan Konsumen di Ranah Digital. Diakses 20 April 2023 dari https://infobrand.id/e-commerce-semakin-memanjakan-konsumen-di-ranah-digital-.phtml

Redaksi, CNBC Indonesia. 2023. Warga RI Habiskan Rp 851 T Buat Belanja Online, Beli Apa Aja?. Diakses 5 Maret 2023 dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230215145223-37-414052/warga-ri-habiskan-rp-851-t-buat-belanja-online-beli-apa-aja

Wisnubroto, Kristantyo. 2023. Transaksi Uang Elektronik Melejit. Diakses 10 Maret 2023 dari https://indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/6855/transaksi-uang-elektronik-melejit?lang=1.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v9i1.4475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats