UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA FAKULTAS BAHASA DAN BUDAYA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG
Muslimah Muslimah, Marya Ulfa, Sony Junaedi
Abstract
Latar belakang penelitian yang berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa melalui Pendekatan Saintinfik pada Fakultas Bahasa dan Budaya Universitas 17 Agustus 1945(UNTAG) Semarang” adalahberdasarkan hasil pengamatan terhadap pekerjaan mahasiswa baik berupa makalah maupun proposal tugas akhir. Sebagian besar mahasiswa masih menemui beberapa kendala dalam penyusunan karya ilmiah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan penulisan karya tulis ilmiah mahasiswa setelah dilakukan pelatihan melalui pendekatan saintifik. Pendekatan penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya Untag Semarang. Data diperoleh dengan menggunakan observasi, doumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif, semua fakta baik lisan maupun tulisan diuraikan apa adanya kemudian dikaji dan disajikan secara ringkas untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil peneltian menunjukan bahwa dari 83 responden yang meliputi 3 prodi di Fakultas Bahasa dan Budaya Untag Semarang dengan menggunakan pendekatan metode saintifik ada peningkatan ketrampilan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah
Keywords
Upaya meningkatkan Kemampuan, Karya Tulis Ilmiah, pendekatan Saintinfik
Dimyati, D. H., & Nurjaman, K. 2014. Manajemen Proyek. Yogyakarta: Pustaka Setia. A. M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar. Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo. Dwiloka, Bambang dan Reti Riana. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad21. Bogor: Ghalia Indonesia. Jundu, Ricardus. dkk. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Menulis Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas di Kabupaten Manggarai Timur. dalam RANDANG TANA Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 2, Nomor 1, Januari 2019. Rahmawati, Laili Etika, dan Najma Thalia. 2012. Upaya MeningkatkanKemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa S1 Fisioterapi UMS dengan Metode Kolaborasi pada Tahun Akademik 2012/ 2013. dalam Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 13, No. 2, Agustus 2012. Musaljon, Zainal Rafli, dan Siti Gomo Attas. 2019. Peningkatan KeterampilaMenulis Karya Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Workshop dan Kolaborasi. Prosiding Semnasfip. Website: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index Syafaruddin. 2012. Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing
Department of Civil Engineering, Politeknik Negeri Semarang (State Polytechnic of Semarang) Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275