Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan

Tjokro Hadi, Arief Subakti Ariyanto, Parhadi Parhadi, Supriyadi Supriyadi, Triwardaya Triwardaya, Wasino Wasino, Yustinus Eka Wiyana

Abstract


Pertumbuhan penduduk di Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami perkembangan. Meningkatnya kebutuhan akan tempat tinggal tidak seimbang dengan jumlah pertumbuhan kayu yang mengakibatkan langkanya kayu dibidang konstruksi. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan, struktur dibidang Teknik Sipil dituntut untuk menjadi lebih berkualitas dari segala aspek kekuatan yang harus dipenuhi seperti aspek ekonomi dan kemudahan dalam pembangunan. Salah satu struktur yang banyak menarik perhatian saat ini adalah struktur rangka atap dengan menggunakan profil baja ringan. Adapun keuntungan menggunakan rangka atap baja adalah: merupakan material baru yang makin diminati, bahan ini dapat dibuat dengan bermacam bentangan (panjang atau lebar atap), bahan yang bila dirancang dengan benar, akan lebih kuat dari atap kayu, serta lebih aman, material ini lebih awet, tidak dimakan rayap, tahan terhadap api, sifat materialnya ringan dan mudah dirakit, bila dibandingkan rangka kayu pada luasan yang sama pemasangan kerangka atap baja ringan, bobotnya yang ringan dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur dibawahnya lebih rendah, dan sisa material sedikit.

Kata kunci: Konstruksi rangka atap baja, pelatihan, tenaga terampil.


Full Text:

Pdf

References


Awad, Rizky. 2016. Konstruksi Bangunan Makalah Rangka Atap Dan Kuda-Kuda. Diambil dari: http://ra19design.blogspot.co.id/2016/06/makalah-rangka-atap-dan-kuda-kuda.html. (diakses 13 maret 2018).

Pangaribuan, Mekar Ria. 2014. Baja Ringan Sebagai Pengganti Kayu Dalam Pembuatan Rangka Atap Bangunan Rumah Masyarakat. Bengkulu: Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Vol. 2, No. 4.

Rahayu, Sherly Anggun dan Donny Fransiskus Manalu. 2015. Analisis Perbandingan Rangka Atap Baja Ringan Dengan Rangka Atap Kayu Terhadap Mutu, Biaya dan Waktu. Bangka Belitung: Jurnal Fropil Vol.3 Nomor 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v4i1.1120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats