PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN PADA PUSKESMAS PADURAKSA DAN PUSKESMAS PETARUKAN KAB. PEMALANG

Mohamad Hasanudin

Abstract


Pelayanan publik diharapkan lebih berorientasi pada kepuasan pelanggan, yakni
masyarakat dan pengguna jasa. Demikian juga dengan tuntutan masyarakat
terhadap pelayanan di bidang kesehatan. Salah satunya adalah pelayanan kesehatan
pada puskesmas Paduraksa dan puskesmas Petarukan.
Penelitian ini menggunakan rancangan atau desain penelitian deskriptif. Untuk
mengukur kepuasan masyarakat terhadap pelayanan maka digunakan 14 unsur
sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri PAN Nomor :
25/KEP/M.PAN/2/2004. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang
melakukan pengobatan pada puskesmas Paduraksa dan puskesmas Petarukan.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini, menggunakan Accidental Sampling.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan nilai Indeks
Kepuasan Masyarakat (IKM).
Hasil dari penelitian ini adalah besarnya indeks kepuasan masyarakat pada kualitas
kinerja pelayanan yang diperoleh di puskesmas Paduraksa sebesar 74,80 dan
puskesmas Petarukan adalah 75,28 keduanya masuk dalam dikatagorikan BAIK dan
memiliki mutu pelayanan B. Dari ke 14 unsur pelayanan yang diberikan pada dua
puskesmas nilai IKM tertinggi (paling memuaskan) adalah pelayanan”kepastian
biaya pelayanan”dengan nilai lebih dari 82. Nilai IKM terendah (paling tidak
memuaskan) adalah pelayanan “kecepatan pelayanan”.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Akun-T



View My Stats