KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI BERDASARKAN PERSPEKTIF FRAUD DIAMOND DALAM MENUNJANG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DAN KARIER AKUNTAN MUDA
Keywords:
Fraud Diamond, Kecurangan Akademik, Mahasiswa Akuntansi, KarierAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan Model Etika Mahasiswa dalam Perencanaan Karier sebagai Akuntan Muda. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor apa saja yang mendorong mahasiswa khususnya mahasiswa akuntansi melakukan tindak kecurangan akademik berdasarkan teori fraud diamond dengan mengacu pada (Sabli, Hamid, Haron, & Wahab, 2018). Berdasarkan penelitian terdahulu, terlihat bahwa terdapat inkonsistensi pada hasil risert kecurangan akademik yang terjadi dibeberapa universitas dunia. Pada Tahun kedua penelitian dilanjutkan untuk merancang Model Peta Lulusan Mahasiswa Akuntansi Prodi Akuntansi dalam karier sebagai Akuntansi Muda Menuju Industri 4.0. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner google form yang disebar pada mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Semarang. Kuesioner disebar pada bulan Mei- Juni 2024. Teknik analisis yang digunakan adalah model analisis Partial Least Square (PLS) dengan model persamaan struktural (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan (pressure), kesempatan (opportunity), rasionalisasi (rationalization), dan kemampuan (capability) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Tindakan kecurangan akademik. Prinsip Etika yang dirasakan Mahasiswa berpengaruh negatif terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa.
References
[1] Adrianus dkk (2019). Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Akuntansi Berdasarkan Perpektif Fraud Diamond. Vol 11, No. 2 Hal 157-178
[2] Azuka, E. B. (2014). Academic Fraud among Student in Higher Education in Nigeria: Reason, Methods Adopted and Startegiest to Curb lt. Journal of Educational and Social Research.
[3] Becker, D. Connoly, J. et all (2006) Using The Business Fraud Doamond dan Gone Theory.
[4] Budiman, N. A. (2018) Perilaku kecurangan Akademik Mahasiwa: Dimensi Fraud Diamond dan gone theory. Akuntabilitas11(1)
[5] Dahiya, R. (2015) Academic cheating among syudent: presurre of parent and teacher.
[6] Hariri, H, Pradana et all (2018). Mendeteksi Perilaku Kecurangan Akademik dengan Perspektif Diamond Theory.
[7] Muhsin, M. Kardoyo, K (2018) What Detrerminan of Academic Fraud Behaviour? Form Fraud to Triangle to Fraud Pentagon Perspektif
[8] Munirah. A., & Nurkhin (2018). Pengaruh Faktor-Faktor Diamond terhadap Perialku Kecurangan Akademik Mahasiswa Pendidikan UNNES, 1.2
[9] Murdiansyah &Sudarma (2017). Pengaruh Dimensi Fraud Diamond terhadap Perilaku Kecurangan Akademik. Jurnal Akunatnsi Aktual, 4(2), 13
[10] Nikmatuniayah, Marliati. 2011. Etika Bisnis dan Profesi. Semarang: Penerbit Polines
[11] Sabli, N. Hamid et al (2018). Academic Cheating Among Undegraduate Accounting Student: Fraud Doiamond Theory Perspektive, 6
[12] Wolfe, D. T. & Hermanson, D.R. (2004). THr Fraud Diamond: Considering the Four Elements of Fraud, 6. Retrieved form https://scholar.google.co.id/scholar? Wolef Hermanson,+D.R.+(2004).+THr+Fraud+Diamond