PENDAMPINGAN PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI DAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM EKONOMI KREATIF OJI MACRAME DI SANGGAR 04/03 COKRO GRABAG MAGELANG
Keywords:
pemasaran digital, macrameAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat “Pendampingan Peningkatan Kapasitas Produksi dan Pemasaran digital Pada UMKM Ekonomi Kreatif OJI MACRAME di Sanggar 04/03 Cokro Grabag Magelang”, berdasarkan identifikasi di lapangan dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang dihadapi diantaranya Sumber Daya Manusia UMKM Oji Macrame masih terbatas, belum kompeten untuk meningkatkan kapasitas produksinya. Pemasaran produknya belum memanfaatkan peluang potensi pasar yang luas untuk penjualannya belum menggunakan media secara online/digital. Untuk itu dibutuhkan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan melaksanakan pembekalan, penyuluhan, pelatihan, praktik dan pendampingan baik dalam peningkatan kapasitas produksi maupun pemasaran secara digital salah satunya dengan memanfaatkan Instagram/IG.
References
[1] Dharmawati, Made. 2016, Kewirausahaan, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.
[2] Fahmi, Irham. 2016, Kewirausahaan, Teori, kasus & Solusi, Alfabeta, Bandung.
[3] Hasaan, Ali. 2008, Marketing. Media Pressindo, Yogyakarta.
[4] Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, PT Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta.
[5] Lup[yoadi, Rambat. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.
[6] Riyanto, Bambang. 2008. Dasar-Dasar Pembelanjaan, Media Pressindo, Yogyakarta.
[7] Suparyanto, 2016, Kewirausahaan, Alfabeta, Bandung.