PENDAMPINGAN PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI DAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM EKONOMI KREATIF OJI MACRAME DI SANGGAR 04/03 COKRO GRABAG MAGELANG

Authors

  • Winarni
  • Jati Handayani
  • Teguh Budi Santosa
  • Nina Woelan Soebroto
  • Aris Sunindyo
  • Prihatiningsih
  • Moh. Muslikh
  • Septian Yudha Kusuma
  • Maharani Rona Makom
  • Mirasanti Wahyuni

Keywords:

pemasaran digital, macrame

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat “Pendampingan Peningkatan Kapasitas Produksi dan Pemasaran digital  Pada UMKM Ekonomi Kreatif OJI MACRAME di Sanggar 04/03 Cokro Grabag Magelang”, berdasarkan identifikasi di lapangan dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang dihadapi diantaranya  Sumber Daya Manusia UMKM Oji Macrame  masih  terbatas, belum  kompeten  untuk meningkatkan kapasitas produksinya. Pemasaran produknya belum memanfaatkan peluang potensi pasar yang luas untuk penjualannya belum menggunakan media secara online/digital. Untuk itu dibutuhkan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan melaksanakan pembekalan, penyuluhan, pelatihan, praktik dan pendampingan baik dalam peningkatan kapasitas produksi maupun pemasaran secara digital salah satunya dengan memanfaatkan Instagram/IG.

References

[1] Dharmawati, Made. 2016, Kewirausahaan, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

[2] Fahmi, Irham. 2016, Kewirausahaan, Teori, kasus & Solusi, Alfabeta, Bandung.

[3] Hasaan, Ali. 2008, Marketing. Media Pressindo, Yogyakarta.

[4] Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, PT Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta.

[5] Lup[yoadi, Rambat. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

[6] Riyanto, Bambang. 2008. Dasar-Dasar Pembelanjaan, Media Pressindo, Yogyakarta.

[7] Suparyanto, 2016, Kewirausahaan, Alfabeta, Bandung.

Downloads

Published

2025-05-20