FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN QRIS PADA KALANGAN MAHASISWA

Edi Wijayanto, Sri Widiyati, Manarotul Fatati, Rikawati Rikawati, Nurseto Adhi, Muhammad Rois, Dina Yeni Martia, Th. Tyas Listyani

Abstract


Salah satu inovasi yang mendominasi dunia pembayaran adalah QRIS (Quick Response Code
Indonesian Standard). QRIS menyediakan metode pembayaran yang cepat, efisien, dan modern, menjadi suatu fenomena yang sangat relevan, terutama di kalangan mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 370 mahasiswa dari populasi sebanyak 6.128 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier. Nilai adjust R Square adalah 0,389, maka data menunjukkan nilai fit yang lebih baik. Dapat diartikan juga bahwa perubahan variabel independen dapat menjelaskan perubahan variabel dependen sebanyak 38,9%, sedangkan sebanyak 61,1% dapat dijelaskan perubahan variabel lainnya. Penelitian ini membuktikan bahwa variabel TAM yaitu persepsi kemudahaan (perceived ease of use), persepsi kebermanfaatan (perceived usefulness), dan persepsi kenyamanan (perceived enjoyment), mempunyai pengaruh signifikan trhadap keputusan penggunaan pembayaran digital QRIS hal ini dibuktikan dengan nilai probabilitasnya kurang dari 5%.

 


Keywords


QRIS, Persepsi Kemudahaan, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kenyamanan, dan Keputusan Penggunaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.