PERAN TEACHERS’ PROFILE DAN CURRICULUM QUALITY SEBAGAI FAKTORPENGUNGKIT STUDENT ENTREPRENEURSHIP SKILL DEVELOPMENT

Andi Setiawan, Sri Wahyuni, Rif’ah Dwi Astuti, Makmun Riyanto, Bagus Yunianto Wibowo

Abstract


Institusi Perguruan Tinggi di bawah pandemi COVID-19 menghadap tekanan untuk
mempertahankan kualitas mutu pendidikan. Hasil studi kami memberikan model untuk
memperluas pemahaman akan niat siswa untuk menjadi wirausaha-Start-Up Business di masadepan. Pertanyaan besar studi kami apakah pembelajaran online mengubah kebiasaan belajarsiswa dan dapat efektif menggantikan metode pengajaran offline, khususnya pembelajarankewirausahaan. Objek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akademik dan vokasi yangsedang dan atau telah mengambil mata kuliah kewirausahaan di Jawa Tengah. Penelitian inimenggunakan metode survei online, dengan 159 sampel mahasiswa untuk mengukur hubunganantar variabel dalam suatu populasi. Tehnik penelitian ini akan mengunakan confirmatory factoranalysis pada Structural Equation Modeling (SEM) yang mengunakan paket komputerisasiAMOS 26.0. Studi kami menguatkan temuan bahwa persepsi siswa tentang teachers’ profile dancurriculum quality memengaruhi students’ entrepreneurial intentions. Selanjutnya studententrepreneurship skill development memiliki hubungan yang positif dengan students’entrepreneurial intentions. Dari hasil tersebut, dapat dipahami bahwa semakin tinggi students’entrepreneurial intentions mungkin berniat untuk belajar students’ entrepreneurial intentions di
masa depan.


Keywords


Teachers’ Profile, Curriculum Quality, Student Entrepreneurship Skill Development, Students’ Entrepreneurial Intentions

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.