MODEL PENGUATAN KOMPETENSI DIGITAL MARKETING DALAM PRESPEKTIF INDUSTRI BAGI MAHASISWA DI ERA DISRUPTION

Azizah Azizah, Isnaini Nurkhayati, Noor Suroija, Sandi Supaya, Jati Nugroho

Abstract


Saat ini, bidang marketing mengalami pergeseran dari tradisional ke digital. Perguruan Tinggi
harus bisa mengikuti perubahan tersebut. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengupgrade kurikulum
agar terjadi link and match dengan industri, seperti menambah atau memperbarui topik yang berkaitan
dengan digital marketing. Sayangnya hal tersebut belum terealisasi karena berdasarkan prediksi Bank
Dunia, Indonesia mengalami kekurangan tenaga digital marketing. Tujuan dari dilakukannya penelitian
ini adalah untuk mengetahui materi dan keterampilan apa yang seharusnya dikuasai oleh lulusan Program
Manajemen Pemasaran dalam bidang digital marketing sesuai dengan kebutuhan industri serta
mengetahui apakah mahasiswa menguasainya. Dengan mengetahui hal tersebut, akan dibuat sebuah
model pembelajaran yang memberikan penguatan kompetensi dalam bidang digital marketing yang
nantinya dijabarkan dalam kurikulum. Metode Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan analisa
kualitatif dan kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah perusahaan yang menjadi tempat Praktek
Kerja Lapangan mahasiswa.Hasil penelitian menunjukkan dunia industri saat ini sangat membutuhkan
tenaga marketing yang memiliki kompetensi pada ranah search engine optimization, pembuatan digital
content, desain grafis, media sosial dan analytic tool pada media sosial. Hal itu dibuktikan dengan
tingginya nilai analisis indeks skor jawaban yang diberikan pelaku industri akan perlunya kompetensikompetensi
di
atas.


Kata Kunci: 


Keywords


pemasaran digital, kompetensi, skill, mahasiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.