RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN AIR TIRTA TURUS ASRI BERBASIS ANDROID DENGAN SISTEM PEMBAYARAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS)

Eni Dwi Wardihani, Hutama Arif Bramantyo, Sarono Widodo, Taufiq Yulianto, Helmy Helmy

Abstract


Untuk memenuhi kebutuhan air di perumahan Turus Asri, warga menggunakan dan mengelola sendiri sumber air dari sumur bor. Website pengelolaan air Tirta Turus Asri dibuat untuk memudahkan pengurus dan bendahara melakukan rekap tagihan air. Namun dengan adanya website ini beberapa kendala terjadi, petugas dan bendahara harus membuka website secara berkala saat memasukkan dan mengelola data tagihan air. Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi Tirta Turus Asri berbasis android untuk mempermudah pengelolaan air Tirta Turus Asri melalui smartphone. Warga juga bisa melakukan pembayaran melalui
Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan bisa update status pembayaran langsung di aplikasi android. Hasil yang didapat adalah aplikasi Tirta Turus Asri dapat menginput data meteran air secara otomatis kemudian menampilkannya dalam bentuk grafik, melakukan pembayaran dengan QRIS, dan mengirimkan notifikasi tagihan kepada warga yang belum membayar. Berdasarkan data dari pengujian black box, aplikasi Tirta Turus Asri berbasis Android berjalan sesuai dengan desain sistem. Rata-rata waktu muat per aktivitas yang dihasilkan oleh aplikasi adalah 2,7252 s pada bandwidth 8,99 Mbps dan 3,05 s pada bandwidth 4,63 Mbps.


Keywords


Sistem Manajemen Air, Aplikasi Android, Sistem Pembayaran, QRIS.

Full Text:

PDF

References


S. D. Daulany, “Hubungan antara QR Code dan Dunia Industri dan Perdagangan,” Pusdiklat Ind., vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2020.

M. Grechanik, K. S. McKinley, and D. E. Perry, “Recovering and using use-case-diagram-tosource-code

traceability links,” Association for Computing Machinery, 2021.

https://dl.acm.org/doi/abs/10.1145/1287624.1287640 (accessed Feb. 01, 2022).

R. E. Pratama, F. Prasetyanto, and T. Zani, “Pembangunan Ui / Ux Dan Aset 3d Pada Aplikasi

Multimedia Interaktif Untuk Museum Geologi Bandung Ui / Ux Development And 3d Assets In

Interactive Multimedia Application For Bandung Geological Musem,” e-Proceeding Appl. Sci.,

vol. 7, no. 5, pp. 2235–2246, 2021.

U. Salamah and F. Khasanah, “Pengujian Sistem Informasi Penjualan Undangan Pernikahan

Online Berbasis Web Menggunakan Black Box Testing,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 2, no. 1,

pp. 35–46, 2017.

A. Sonita and R. F. Fardianitama, “Aplikasi E-Order Menggunakan Firebase dan Algoritme

Knuth Morris Pratt Berbasis Android,” J. Pseudocode, vol. 5, no. 2, pp. 38–45, 2018, doi:

33369/pseudocode.5.2.38-45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.