DESAIN MARKETPLACE BAGI UMKM HANDYCRAFT SEBAGAI MEDIA PEMASARAN ONLINE DALAM RANGKA PENINGKATAN OMSET DAN JUMLAH PENGUNJUNG

Agus Suratno, Jumi Jumi, Fatchun Hasyim, Sri Marheni Salsiyahi, Bayu Setyo Nugroho

Abstract


Marketplace is one of the means to improve competitive sales performance. Performance in any field, because one of the important challenges faced by all business actors is how to be able to provide fast service and not be constrained by space and time in providing services to customers. Customer satisfaction is a concept that has long been recognized in marketing science. Likewise, if marketing is done online, it must be fully supported in product promotion. Promotion is not just a promotion, but requires valid supporting data. as one of the marketplace service providers through online marketing media, the provider must also be able to provide services that make customers feel comfortable and satisfied. Online marketing media in order to market products have facilitated and coordinated the implementation of marketing activities including product layout arrangement to ordering information and product delivery information. These activities are carried out using online media.

Keywords


Design and build; satisfaction; marketing; marketplace; online

Full Text:

PDF

References


Alhazami, (2020), Peningkatan Pendapatan Masyarakat Meruya Melalui Afilasi Marketing Pada Masa Pendemic Covid 19, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 34-36, diambil kembali dari http://djournals.com/jpm/article/view/97

Alwendi, (2020), Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha, Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 317-325, di ambil kembali dari http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/article/view/2486

Astutik & Achsa, (2020), Analisis Penerapan Promotion Mix Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada PD BPR Bank Bapas 69 Kantor Cabang Magelang Utara, Jurnal Maneksi, 9(2), 371-377, di ambil kembali dari http://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalManeksi/article/view/489

Badan Pusat Statistik. (2020).Statistik E-Commerce 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Effendy & Sunarsi, (2020), Perseprsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendikiran UMKM dan Efektifitas Promosi Melalui Media Online Di Kota Tanggerang Selatan, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akutansi), 4(3), 702-714, di ambil kembal dari http://journal. stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/571

Fadly & Sutama, (2020), Membangung Pemasaran Online dan Digital Branding Di Tengah Pandemi COVID-19, Jurnal Ecoment Global, 5(2), 213-222, di ambil kembali dari http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/view/1042

Hamali, A. Y., & Budhihastuti, E. S. (2019). Pemahaman Praktis Administrasi, Organisasi, dan Manajemen. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hendarsyah, (2020), Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan, Jurnal Ilmiah e Ekonomi Kita, 9(1), 25-43, di ambil kembali dari http://ejournal. stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/view/209

Hendrawan dkk, (2020), Perancangan Sistem Informasi Permohonan Perizininan Dengan Metode Aggile dan Framework Laravel Berbasis Websiste, Journal of Information System And Informatics, 2(1), 60-78, di ambil kembali dari http://journal-isi.org/index.php/isi/article/view/45

Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Maimun & Tarmidzi, (2020), Sistem Penjualan Online Dengan Strategi Pemasaran Cross Selling (Studi Kasus Toko Anugerah Elektronik), Journal Informatic Education and Management, 2(2), 62-69, Diambil kembali dari http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jics/article/view/737

Makdis, Nasrul. (2020). Pemanfaatan Internet Untuk Perkuliahan. Puwekerto : CV. Pena Persada.

Muhidin, S. A., & Abdurahman, M. (2017). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian (Dilengkapi Aplikasi Program SPSS). Bandung: Pustaka Setia.

Nidaul dkk, (2019), Metode User Centered Design dalam Merancang Tampilan Antar Muka Ecommerce Penjualan Pupuk Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Balsamiq Mockups, Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi 3(2), 14-23, diambil kembali dari https://core.ac.uk/download/pdf/229030353.pdf

Nugraha, A. R., & Pramukasari, G. (2017). Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informatika, 4(2), 51-60. Diambil kembali dari Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tasikmalaya

Pakpaan & halawa, (2020:110), Sistem Informasi Pengelolaan pada Dana Desa Hilizoliga Berbasi Website, Jurnal Teknik Informatika, 5(1), 109-117, di ambil kembali dari http://www.ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/article/view/767/821

Pamungkas & Setyoningsih, (2020),Website Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Brebes, Jurnal Science and Engineering National Seminar, 5(5),56-65, Di ambil kembali dari http://conference.upgris.ac.id /index.php/sens/article/view/1310

Perwito, 2020, Analisis Aspek Hijau Dalam Pelaksanaan Digital Marketing, Semarang, Universitas Katolik Soegijapranata.

Pitriyani dkk, (2021), Pengembangan Model Sistem E-Commerce Berbasis Web Dengan Content Management System (CMS), Jurnal Information System (Idealis), 4(1), 37-46,Diambil kembali dari https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/2818

Rahim, (2020), Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Untuk Berkunjung Ke Daya Tarik Wisata Ladaya Kutai Kartanegara, eJournal Administrasi Bisnis, 8(4), 272-279, di ambil kembali dari http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jadbis/article/view/356

Raintung, (2019), Pemasaran Online Produk Unggulan Kota Manado Melalui Media Sosial Online (Studi Pada Mahasiswa FEB UNSRAT), Jurnal EMBA, 7(4), 5276-5285, diambil kembali dari https://ejournal.unsrat.ac.id /index.php/emba/article/view/26222

Ramadhayanti, (2021), Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Affilate Marketing Terhadap Volumen Penjualan, Jurnal Komunikasi Bisnis dan Manajemen, 8(1), 94-104, di ambil kembali dari https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/article/view/4161

Santoso, & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut). Jurnal Integrasi, 9(1), 84-91. doi:10.30871/ji.v9i1.288

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suherman & Dera (2018). Aplikasi Point Of Sales Berbasis Client Server Dengan PHP dan MYSQL Pada Toko Ibu Sum. Jurnak Teknologi Pelita Bangsa,9(2), 1-10, di ambil kembali dari https://jurnal.pelitabangsa.ac.id /index.php/sigma /article/view/377

Susanto & Dewi (2020), Strategi Komunikasi Pemasaran SHOPPE Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi COVID-19 Di Indonesia, Jurnal Ilmu Komunikasi,3(2), 16-29, di ambil kembali dari https://journal.unpas.ac.id /index.php/linimasa/article/view/2754

Susanto, R., & Andriana, A. D. (2016). Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Majalah Ilmiah UNIKOM, 14(1), 41-46. Diambil kembali dari https://jurnal.unikom.ac.id /jurnal/perbandingan-model-waterfall.5u

Sutoyo, M. N. (2018). Perancangan Basis Data Implementasi Microsoft Visual FoxPro 9.0. Yogyakarta: Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.