PERCEPTUAL MAPPING POTENSI EKONOMI MAKANAN TRADISIONAL SEBAGAI PANGAN FUNGSIONAL BERBASIS PANGAN LOKAL KOTA SURAKARTA

Utami Tri Sulistyorini, Jusmi Amid, Sri Widiyati, Nurseto Adhi

Abstract


Penelitian ini merupakan tindak lanjut dari penelitian sebelumnya, yang hasilnya menunjukkan bahwa Kota
Surakarta memiliki pergeseran ikon dari Kota Batik menjadi Kota Kuliner. Penelitian ini mengembangkan
empat tujuan khusus yaitu: (1) Melakukan identifikasi ke delapan makanan tradisional Kota Surakarta, mana
yang benar – benar merupakan pangan fungsional berbasis pangan lokal, (2) Memetakan pertumbuhan makanan
tradisional kota Surakarta selama lima periode terakhir, (3) Memetakan potensi makanan tradisional Kota
Surakarta sebagai makanan warisan budaya, pangan fungsional dan makanan favorit. (4) Memetakan potensi
ekonomi makanan tradisional kota Surakarta sebagai pangan fungsional berbasis pangan lokal.
Tujuan penelitian ini akan dicapai melalui analisis data dari baik jenis data primer dan data sekunder.
Data primer diperoleh dari pendekatan survey sebanyak 200 orang responden masyarakat kota Surakarta usia
kerja, yang kemudian diolah dengan analisis Biplot untuk memetakan potensi ke delapan makanan tradisional
sebagai pangan fungsional. Sedangkan data sekunder diharapkan diperoleh dari Disperindag, dan BPS Kota
Surakarta, yang kemudian dioleh dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan uji korelasi untuk
memetakan dampak ekonomi atau potensi ekonomi makanan tradisional tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa ke delapan makanan tradisional Kota Surakarta
memiliki potensi sebagai makanan khas atau warisan budaya, pangan fungsional, makanan favorit dan
pendorong ekonomi Kota Surakarta. Oleh sebab itu pemerintah daerah Kota sebaiknya menggunakan tiga
tahapan ketika ingin menjadikan salah satu dari ke delapan makanan tradisional ini untuk dijadikan city
branding Kota Surakarta. Ke tiga tahapan tersebut adalah analisis clustering, analisis SAP dan pengembangan
modal sosial terhadap makanan tradisional Kota Surakarta.
Kata kunci: makanan tradisional, pangan fungsional, makanan favorit, potensi ekonomi.


Full Text:

PDF

References


Amad Saeroji, dan Deria Adi Wijaya. 2017. Pemetaan Wisata Kuliner Khas Kota Surakarta.

Jurnal Pariwisata Terapan, No. 1, Vol. 1.

Bendixen, M.T. 2015. Compositional Perceptual Mapping Using Chi – Square Trees

Analysis and Correspondence Analysis. Journal of Marketing. 1995. 11. 571 – 581.

BPS Kota Surakarta.

Claveria, Oscar. 2018. Combining Economic and Tourism Indicators to Position Tourist

Destinations Via Perceptual Maps. Progress in Economics Research. Volume 40.

ISBN: 978-1-53613-339-4. Nova Science Publishers, Inc.

Dogan, I. S, et.al. 2011. A Study on Determination of Functional Food Consumption Habits

and Awareness of Consumers in Turkey. Bulgarian Journal of Agricultural Science, 17.

No 2. 246-257.

Disperindag Kota Surakarta.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Undip.

Jenkins, Ceri., Adam Schepker, and Satya Rhodes Conway. 2014. Local Food and Economic

Development a Guide for Local Governments. The Mayors Innovation Project Report.

Wisconsin.

Koesmonot, Teman dan Bambang lhidjanarlm Otok. 2003. Perceptual Mapping Produk

BMW dengan Pendekatan BiPlot melalui Analisis Komponen Utama. Jurnal Widya

Manajemen dan Akuntansi. Vol. 3, No. 3.

Marchesini, Sergio., Huliyeti Hasimu, and Maurizio Canavari. 2012. Perceptual Maps

Analysis for Organic Food Consumers in China: A Study on Shanghai Consumers.

Conference Paper. Italy.

Sekaran, Uma. 2003. Research Method for Business: A Skill Building Approach. Fourth

Edition. John Willey and S0ns, Inc.

Simamora, Bilson. 2005. Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Sutar, Namrata., P .P Sutar and Debabandya Mohapatra. 2010. New Horizons in Functional

Food Sector: An Indian Perspective. J. Dairying, Foods & H.S., 29 (3/4) : 166- 172.

Utami, T.S., Sri Widiyati, Jusmi Amid. 2018. Mapping Kota dan Sub Sektor Industri Kreatif

Unggulan Sebagai Dasar Kebijakan City Branding Jawa Tengah. Hasil Penelitian yang

Belum Dipublikasikan.

Williams Meliss, Eija Pehu and Catherince Ragasa. 2006. Functional Foods: Opportunities

and Challenges for Developing Countries. Agriculture and Rural Development The

World Bank Notes.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor