MODEL MATERI PEMBELAJARAN GENERAL ENGLISH SEBAGAI PENUNJANG BLENDED LEARNING
Abstract
Keterlibatan multimedia belum begitu diperhitungkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris 1
di jurusan Administrasi Bisnis. Tujuan penelitian ini menemukan model penyampaian
materi pembelajaran Bahasa Inggris 1 yang menggunakan video buatan mahasiswa. Setelah
diuji dengan quasi eksperimen, kelompok eksperimen yang mendapat tindakan 12 langkah
yang disarankan dalam menjalankan pembelajaran bahasa Inggris secara blended learning
memperoleh skor 10% lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Langkah-langkah tersebut
yaitu (1) berdiskusi learning objectives; (2) melakukan brainstorming; (3) Mendengarkan
rekaman percakapan tanpa membaca buku; (4) Berdiskusi tentang rekaman; (5)
mendengarkan rekaman kembali untuk menjawab pertanyaan; (6) Mahasiswa diminta
menjelaskan kejadian di rekaman; (7) berdiskusi perihal poin-poin penting materi; (8)
secara berpasangan memerankan percakapan dengan melihat teks, yang kedua tanpa teks;
(9) analisa diri dan pemberian umpan balik; (10) menganalis video secara mandiri, petunjuk
menganalisis diberikan; (11) mengadakan diskusi klasikal hasil analisis mahasiswa
terhadap video; (12) mahasiswa secara berpasangan diuji penampilannya. Dengan
Disarankan untuk melengkapi semua topic pembelajaran bahasa Inggris dengan video
buatan sendiri. Kemungkinan penelitian lanjutan dapat mengenai pembelajaran Bahasa
Inggris dengan pelibatan video dari internet mengingat pembuatan video sendiri memakan
waktu dan energi.
Kata Kunci: pembelajaran bahasa Inggris, video buatan mahasiswaterdiri
Full Text:
PDFReferences
Agustinus, T.M., Rini, N. dan Hardiningsih, S. (2016). Efektifitas Belajar Mandiri
dengan Video Watching untuk Meningkatkan Kemampuan Speaking -
Bertransaksi Bisnis. Politeknik Negeri Semarang. Laporan Penelitian tahun
pertama yang tidak diterbitkan.
Borg, W.R., and M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction. New York:
Longman
Richards, J.C., Hull, J. and Proctor, S. (2013). Interchange Book 2. (3rd Edition)
Cambridge: Cambridge University Press.
Rini, N. Agustinus, T.M., Suroso, I. & Hestiningsih, I. (2013). Model Pembelajaran
berbasis Multimedia untuk Mengikis Common Mistakes dan Errors Guna
Percepatan Pening-katan Speaking Skill Mahasiswa Politeknik. Laporan
Penelitian yang tidak diterbitkan.
Semler, S. (2005). Use Blended Learning to Increase Learner Engagement and Reduce
Training Cost (http://www.learningsim.com/content/Isnews/blended_learning1.
html), 22 Juni 2005.
Widodo, H. P. (2017). Constructing and Negotiating Agency and Identity of English
Language Learners: Teacher-Learner Driven ESP Materials Development in the
Indonesian Secondary School Context. Electronic Journal of Foreign Language
Teaching, 14(2), 233-249
Refbacks
- There are currently no refbacks.