PKM PADA USAHA PARIWISATA PANTAI KARANG JAHE (K/JB), DESA PUNJULHARJO, KECAMATAN REMBANG, KABUPATEN REMBANG
Abstract
Kabupaten Rembang merupakan kabupaten yang berada di ujung timur laut Provinsi Jawa
Tengah .Kabupaten Rembang menjadi tempatnya wisata bahari karena memiliki garis pantai
yang panjang. Desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang terletak di timur
Kota Rembang, merupakan salah satu Desa di Kabupaten Rembang yang berada di pesisir
pantai. Saat ini yang sedang dikembangkan di desa Punjulharjo adalah sector kelautan yaitu
wisata bahari pantai karang jahe (Karang Jahe Beach).
Dalam mendukung desa wisata di sector kelautan maka dibentuk Badan Pengelola Pantai
Karangjahe dengan bentuk kegiatan usaha kebaharian misalnya outbond pantai, volley pantai,
wisata sejarah edukasi (perahu kuno), Wisata Budaya dan Kerajinan dll
Dalam program PKM ini diharapkan desa Punjulharjo lebih dikenal dan mempunyai dampak
terhadap meningkatnya kunjungan wisata di daerah tersebut dengan tata kelola yang baik.
Permasalahan UMKM (Badan Pengelola Pantai Karangjahe) : a). Aspek produksi jasa
dan sumber daya manusia : Ketrampilan komunikasi pemandu wisata belum memadai b).
Aspek pemasaran : masih belum optimalnya promosi dan jangkauan pemasaran, pemasaran
masih terbatas sehingga mempengaruhi jumlah penjualan paket wisata dan kunjungan wisata c).
Aspek administrasi keuangan dan dokumentasi kegiatan: Masih minimnya pemahaman dan
penerapan penataan manajemen keuangan yang baik dan dokumentasi kegiatan
Metode yang diterapkan dalam program ini adalah : a). Pelatihan , b). Pendampingan, c)
Bantuan teknologi /alat d). Monitoring dan feed back
Kegiatan/ program yang direncanakan adalah : a) Pelatihan/ Pendampingan tata kelola
bidang manejemen kepariwisataan (keuangan, komunikasi dan dokumentasi) b). Pelatihan/
pendampingan dan penerapan teknologi tepat bidang manajemen pemasaran (web site , papan
penunjuk, brosur), dan melalui media promosi lainnya ke segmen sasaran.
Luaran yang dihasilkan adalah : (a). Tersedinya alat promosi pemasaran seperti brosur, papan
nama dan web (b) Meningkatnya tata kelola manajemen kepariwisataan dan pemasaran sehingga
jumlah pengguna paket dan pengunjung wisata mengalami peningkatan sebanyak minimal 10 %
dibanding tahun sebelumnya.(c).Artikel ilmiah
Kata kunci : Desa wisata, Usaha wisata
Full Text:
PDFReferences
Muhammad Tofan, Ari Subowo, Maesaroh (2012). Faktor Penghambat pengembangan desa
wisata.
Profil desa wisata karang jahe (KJB)
Refbacks
- There are currently no refbacks.