MODEL PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI DENGAN PENDEKATAN SERVICE QUALITY IN HIGHER EDUCATION (HESQUAL)

Andi Setiawan, Sri Wahyuni, Riyadi Riyadi, Rif’ah Dwi Astuti, Saptianing Saptianing, Bagus Yunianto Wibowo

Abstract


Permasalahan pengelolaan mutu pelayanan pendidikan secara holistik pada program studi perguruan tinggi yang harus dicermati adalah perumusan dan penyampaian pelayanan pendidikan harus berpedoman pada standar mutu pelayanan pendidikan. Model layanan pendidikan berkualitas merupakan desain model yang menawarkan solusi atas permasalahan dalam layanan pendidikan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode accidental sampling dalam hal ini mahasiswa di Semarang dan sekitarnya. Sedangkan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 sampel. Teknik penelitian ini menggunakan dua pendekatan: 1). Analisis faktor konfirmatori, pada Structural Equation Modeling (SEM); 2). Bobot Regresi pada Structural Equation Modeling (SEM). Keluaran model dalam penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap layanan pendidikan dalam upaya mewujudkan kualitas lulusan yang diinginkan oleh pengguna. Saran manajerial ditujukan untuk pelayanan pendidikan dalam merumuskan kebijakan pengembangan program studi ke depan.


Kata Kunci:perceived of service quality; administrative; support facilities; core educational; teaching; physical environment; learning process; learning outcome



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.