PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN WARGA SOS CHILDREN'S VILLAGE DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK KAIN PERCA DAN MACRAME

Hartono Hartono

Abstract


SOS Children's Village adalah organisasi sosial nirlaba non-pemerintah yang aktif mendukung
mendukung hak-hak anak dan berkomitmen memberikan anak-anak yang telah atau beresiko

kehilangan pengasuhan orang tua kebutuhan utama mereka, yaitu keluarga dan rumah yang penuh kasih
sayang. Warga SOS Children Village, khususnya para ibu pengasuh, telah memiliki pemahaman
kewirausahaan dan telah merintis usaha memproduksi souvenir dari pengolahan kain perca sebagai upaya
mendapatkan penghasilan tambahan. Dari observasi pendahuluan yang telah dilakukan diperoleh
gambaran tentang kondisi yang dihadapi rintisan usaha tersebut yang memerlukan penanganan yaitu
berupa masih minimnya penjualan yang mampu diraih. Wawancara lebih mendalam yang dilakukan tim
pengabdian berhasil menggali informasi yang potensial menjadi penyebab minimnya penjualan , yaitu
kurang kompetitifnya harga jual produk serta kurangnya pilihan atau variasi produk yang ditawarkan.
Bertolak dari permasalahan tersebut maka pelaksanaan kegiatan pengabdian meliputi pelatihan
untuk menanamkan pemahaman serta ketrampilan dalam perhitungan harga pokok pesanan, kemudian
dilengkapi dengan pelatihan ketrampilan pembuatan macrame sebagai alternatif variasi produk , dan
memberikan pemahaman teknik penentuan harga jual. Antusiasisme peserta dalam menjalani pelatihan
memberikan hasil yang relatif memuaskan dengan indikator berupa dimilikinya pengetahuan dan
ketrampilan dalam perhitungan harga pokok produk serta ketrampilan dalam pembuatan produk
macrame pada beberapa variasi.
Kata Kunci ; kewirausahaan, harga pokok produk, macrame, harga jual


Full Text:

PDF

References


Ade Sandi. 2012. Data Potensi Unggulan Daerah Kabupaten Semarang. Badan

Pusat Statistik Kabupaten Semarang

Anggareni, Ni Made Diah. 2016. Analisis Faktor Penentu Keberhasilan Usaha

Tenun Songket di Kecamatan Buleleng Bali. ejournal Jurusan Pendidkan

Ekonomi. Vol. 9 No. 1

Hansen, Mowen. 2009. Management Accounting. Edisi 8. Penerbit Salemba

Empat. Jakarta

Hermawan Kertajaya. 2003. Siasat Memenangkan Persaingan Global. Penerbit

Gramedia. Jakarta

Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. 2010. Pemetaan Potensi Ekonomi

Daerah Koridor Wilayah Jawa Tengah.

Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu. 2010. Kewirausahaan : Pendekatan

Karakteristik Wirausaha Sukses. Jakarta . Kencana

Kashir. 2012. Kewirausahaan. Penerbit Rajawali Persada. Jakarta

Supriyono. 2016. Akuntansi Biaya. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas

Gajah Mada. Yogyakarta

Hansen, Mowen. 2009. Management Accounting. Edisi 8. Penerbit Salemba

Empat. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.