PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN WARGA SOS CHILDREN'S VILLAGE DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK KAIN PERCA DAN MACRAME
Abstract
SOS Children's Village adalah organisasi sosial nirlaba non-pemerintah yang aktif mendukung
mendukung hak-hak anak dan berkomitmen memberikan anak-anak yang telah atau beresiko
kehilangan pengasuhan orang tua kebutuhan utama mereka, yaitu keluarga dan rumah yang penuh kasih
sayang. Warga SOS Children Village, khususnya para ibu pengasuh, telah memiliki pemahaman
kewirausahaan dan telah merintis usaha memproduksi souvenir dari pengolahan kain perca sebagai upaya
mendapatkan penghasilan tambahan. Dari observasi pendahuluan yang telah dilakukan diperoleh
gambaran tentang kondisi yang dihadapi rintisan usaha tersebut yang memerlukan penanganan yaitu
berupa masih minimnya penjualan yang mampu diraih. Wawancara lebih mendalam yang dilakukan tim
pengabdian berhasil menggali informasi yang potensial menjadi penyebab minimnya penjualan , yaitu
kurang kompetitifnya harga jual produk serta kurangnya pilihan atau variasi produk yang ditawarkan.
Bertolak dari permasalahan tersebut maka pelaksanaan kegiatan pengabdian meliputi pelatihan
untuk menanamkan pemahaman serta ketrampilan dalam perhitungan harga pokok pesanan, kemudian
dilengkapi dengan pelatihan ketrampilan pembuatan macrame sebagai alternatif variasi produk , dan
memberikan pemahaman teknik penentuan harga jual. Antusiasisme peserta dalam menjalani pelatihan
memberikan hasil yang relatif memuaskan dengan indikator berupa dimilikinya pengetahuan dan
ketrampilan dalam perhitungan harga pokok produk serta ketrampilan dalam pembuatan produk
macrame pada beberapa variasi.
Kata Kunci ; kewirausahaan, harga pokok produk, macrame, harga jual
Full Text:
PDFReferences
Ade Sandi. 2012. Data Potensi Unggulan Daerah Kabupaten Semarang. Badan
Pusat Statistik Kabupaten Semarang
Anggareni, Ni Made Diah. 2016. Analisis Faktor Penentu Keberhasilan Usaha
Tenun Songket di Kecamatan Buleleng Bali. ejournal Jurusan Pendidkan
Ekonomi. Vol. 9 No. 1
Hansen, Mowen. 2009. Management Accounting. Edisi 8. Penerbit Salemba
Empat. Jakarta
Hermawan Kertajaya. 2003. Siasat Memenangkan Persaingan Global. Penerbit
Gramedia. Jakarta
Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. 2010. Pemetaan Potensi Ekonomi
Daerah Koridor Wilayah Jawa Tengah.
Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu. 2010. Kewirausahaan : Pendekatan
Karakteristik Wirausaha Sukses. Jakarta . Kencana
Kashir. 2012. Kewirausahaan. Penerbit Rajawali Persada. Jakarta
Supriyono. 2016. Akuntansi Biaya. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas
Gajah Mada. Yogyakarta
Hansen, Mowen. 2009. Management Accounting. Edisi 8. Penerbit Salemba
Empat. Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.