PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTI MEDIA PADA TAMAN KANAK-KANAK NURUL IHSAN KELURAHAN PEDALANGAN KECAMATAN BANYUMANIK SEMARANG

Noor Suroija, Saptianing Saptianing, Azizah Azizah, Sandi Supaya, Winarto Winarto

Abstract


Pendidikan anak usia dini telah disadari sebagai sebuah kebutuhan yang sangat penting. Pada usia dini, 0 5
tahun merupakan masa emas (golden age) yaitu masa pembentukan mental dan karakter, masa dimana seorang anak
dipersiapkan secara matang untuk memiliki ketrampilan tersendiri, untuk bersaing, menjadi seorang pemimpin dan
berani tampil ditengah masyarakat karena seluruh fungsi dan kemampuan anak sedang berkembang dengan pesat.
Tidak mengherankan apabila banyak negara menaruh perhatian yang sangat besar terhadap penyelenggaraan
pendidikan ini dan dalam pelaksanaannya diperlukan sinergitas antara tenaga pengajar, tenaga penyerta dan anak
didik demi mendapatkan hasil yang maksimal. TK Nurul Ihsan adalah Taman Kanak-Kanak yang berada di jalan
Waru Raya no 100, yang didirikan pada Tahun 1984 oleh masyarakat sekitar wilayah Kanfer, Waru, Tusam, yang
ada di Kelurahan Pedalangan Kecamatan Banyumanik. Permasalahan Mitra : a). Aspek sumber daya
manusia : Masih minimnya aspek penguasaan teknologi informasi dan administrasi b). Aspek penggunaan media
pembelajaran yakni penggunaaan teknologi pembelajaran yang masih terbatas c). Aspek sarana / prasarana alat
bantu pembelajaran: belum memiliki sarana pembelajaran berteknologi. Metode yang diterapkan dalam
program ini adalah: a). Pelatihan/ Pendampingan, b) Bantuan teknologi /alat c). Monitoring dan feed back.
Kegiatan/ program yang direncanakan adalah: a). Pelatihan/ Pendampingan penggunaan media pembelajaran
dengan menggunakan teknologi internet dan pembelajaran melalui pembuatan media belajar berbasis multi media 

b) Pelatihan/ Pendampingan administrasi dan tata kelola sekolah taman kanak-kanak c). Penerapan / pengadaan
teknologi pembelajaran melalui: bantuan seperangkat komputerLuaran yang dihasilkan adalah: a). Meningkatnya
ketrampilan para guru menggunakan teknologi pembelajaran dengan pembuatan media belajar berbasis multi media.
b) Meningkat ketrampilan administrasi dan tata kelola sekolah c). Tersedianya alat teknologi berupa computer
(laptop), d). Artikel ilmiah, sejumlah 1 artikel
Kata kunci : Taman kanak-kanak, Pembelajaran berbasis multi media, administrasi dan Tata Kelola


Full Text:

PDF

References


http://setyo155.wordpress.com/2010/12/17/pembelajaran-berbasis-tik-pada-anak-usia-dinisebagai-

generasi-berkarakter/

http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2337125-pengembangan-media-pembelajaranberbasis-

ict/

http://www.slideshare.net/ezi_apino/media-pembelajaran-berbasis-ict

http://iwulan.blogspot.com/2012/02/media-pembelajaran-berbasis-tik.html

http://www.lestarimandiri.org/id/ict/media-berbasis-ict/276-media-berbasis-ict.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.