PENERAPAN IPTEK DAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK ANEKA KERUPUK DAN KERIPIK DI DESA TANDANG, KECAMATAN TEMBALANG, KOTA SEMARANG

Isnaini Nurkhayati, Endang Sulistyani

Abstract


Penerapan Iptek dan peningkatan kualitas produk guna mengembangkan usaha makanan ringan
Tandang, Tembalang, kota
Semarang, akan berdampak terhadap peningkatan pendapatan anggota kelompok usaha
Tandang dalam memproduksi
produknya, masih menggandalkan tenaga manual, kurang higienis dan produk yang dihasilkan
kurang variatif dan inovatif, maka keuntungan yang diperoleh dari tahun ke tahun tidak
mengalami peningkatan yang signifikan. Sebagai pendidik dituntut untuk dapat berperan
Tandang taraf hidupnya menjadi lebih baik.
Tandang
lebih inovatif, maka perlu peningkatan pengetahuan dan ketrampilan yang dapat menghasilkan
nilai tambah, yaitu melakukan pembelajaran cara mengolah kerupuk dan keripik dengan
berbagai macam variasi rasa, dengan peralatan yang lebih modern serta tata cara pengemasan
yang tepat agar produk lebih tahan lama dan diminati oleh masyarakat. Peralatan yang
digunakan untuk mengolah krupuk dan keripik, telah disiapkan oleh Tim Pengabdian Kepada
Masyarakat. Adapun peralatan yang digunakan dalam pengolahan kerupuk dan keripik adalah
sebagai berikut: Kompor Gas, alat penggorengan, alat perajang, peniris minyak, mixer bumbu,
blender, mesin press kedap udara, plastik kemasan, bahan untuk membuat kerupuk dan keripik
dsb.
Kelompok usaha juga diberi pelatihan manajemen dan membantu mencarikan solusi dari
permasalahan yang mereka hadapi. Problematika permasalahan UKM mitra selanjutnya dirujuk
menjadi beberapa program solusi untuk menyelesaikan permasalahan bidang perbaikan proses
produksi dan pemasaran. Metode yang diterapkan adalah Pelatihan dan pedampingan. Luaran
dukungan dari nilai tambah produksi pengolahan Kerupuk dan Keripik khas Tandang yang unik
berpotensi menjadi oleh-oleh khas Semarang dari desa Tandang.
Kata Kunci: Penerapan Iptek, pengolahan produk, pemasaran


Full Text:

PDF

References


Basu Swastha DH., dan Irawan (2008)”Manejemen Pemasaran Modern “, Edisi Kedua, Liberty

Offset, Yogyakarta.

Buchari Alma (2007), “ Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa”, Edisi Keempat, CV.

Alfabeta, Bandung

------------, Alma (2005), ” Kewirausahaan ”, Edisi Kesembilan, Alfabeta Bandung

Nasir, Mohamad dan Agus Handoko (2007), “ Pengaruh orientasi wirausaha terhadap kinerja

perusahaan kecil dengan lingkungan strategi sebagai variable moderat (studi kasus

pada industry aneka di Kota Semarang) ,Jurnal Bisnis Strategi, Vol.12, No. VIII, pg, 89-100

Thomas W, Norman M (2009), “Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil,” Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.