PENDAMPINGAN PEMASARAN PADA PENGRAJIN KOPI DESA GESING KECAMATAN KANDANGAN TEMANGGUNG

Sandi Supaya, Umar Farouk, Makmun Riyanto

Abstract


Mitra dalam Program Pengabdian Masyarakat ini adalah Kelompok Pengrajin Kopi Desa Gesing, Kecamatan
Kandangan, Kabupaten Temanggung. Pengrajin kopi ini telah menghasilkan kopi bubuk, di mana kopi yang
dihasilkan berasal dari produk perkebunan pengrajin. Desa Gesing adalah daerah penghasil kopi terbesar di
Kecamatan Kandangan, yang merupakan 75% lahan kopi. Masalah yang dihadapi pada mitra adalah ketika proses
sangrai yang masih harus sewa dari daerah lain, pemasaran kopi bubuk masih dilakukan dengan memajang di rumah
dan memasarkannya jika mengikuti pameran. Pemasaran melalui pameran dimaksudkan untuk mengenalkan produk
langsung kepada pengunjung dan dapat menikmati kopi yang diseduh langsung. Namun kelompok pengrajin ini
belum melengkapi peralatan display dan toko yang sesuai untuk melakukan penjualan kopi sedu langsung.
Kelompok penggrajin ini juga belum menyusun laporan penjualan usaha. Solusi yang disepakati bersama mitra
adalah pengadaan peralatan pembuatan kopi yang disedu langsung, dan praktik pembuatan laporan penjualan..
Metode pendekatan yang digunakan adalah praktik menggunakan peralatan pembuat kopi yang disedu langsung,
praktik pembuatan laporan penjualan menggunakan Microsoft Excel, pendampingn dan pemantauan usaha bidang
produksi dan manajemen. Luaran dalam program ini adalah peningkatan omset penjualan kopi 10%, dan publikasi
ilmiah
Kata kunci: kopi, disedu, pajang, bubuk, penjualan


Full Text:

PDF

References


Hidayat, Taufik. 2013. Membuat Aplikasi Excel Untuk UKM. Mediakita. Jakarta

Subhan, Mang. 2015. Pengertian Penataan Produk. https://slideplayer.info/slide/3627122/

Wicaksono, Yudhy. 2016. Mengelola Data Excel Menggunakan PivotTable dan PivotChart.

Jakarta: PT Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.