PEMBINAAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) ISLAM TELADAN BINA FITRAH GEDAWANG, KELURAHAN GEDAWANG, KECAMATAN BANYUMANIK, KOTA SEMARANG

Kurniani Kurniani, Suharmanto Suharmanto, Riyadi Riyadi, Rusmini Rusmini, Suwardi Suwardi, Khairul Saleh, Andi Setiawan

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memegang peranan paling fundamental dan strategis bagi
aknuaakli tdasid SikD dMan b apnegnsdaid. iKk ePbAerUadDa amn ePreurppauksatnak baaagni asnek poelanhti nyga nugn tsueks umaie wdeunjguadnk akne bvuistui,h mani ski adraank tteurjisutaink
instutusi. Keberadaan perpustakaan sekolah juga menjadi salah syarat untuk akreditasi sekolah.
Permasalahan ini menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk perguruan tinggi, untuk mencarikan
solusinya. Mitra yang menjadi objek pengabdian kepada masyarakat adalah Paud Islam Teladan Bina
kFeitlraash T GKe dAa,w 1a nkge lBasa nKyBu,m 1a nkiekl aSs eTmPaAra,n jgu myalanhg abnearkd idrii dsiekj apka dtaah tuanh u2n0 0in5i, 7m5e msisilwikai d2a nk e6la gs uTruK, sBe,r t2a
dibantu oleh 2 tenaga administrasi yang masih baru. Sampai saat ini belum memiliki perpustakaan
sekolah yang memadahi dan oleh karenanya belum cukup untuk mengajukan status terakreditasi.
Untuk itu Mitra membutuhkan bantuan pendirian perpustakaan sekolah berikut kemampuan
pengelolaan perpustakaan sekolah yang benar. Tim Pengabdian Pratama ini hadir untuk ikut serta
membantu masyarakat, khususnya dalam mengatasi keterbatasan pengadaan dan pengelolaan
perpustakaan sekolah. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini menggunakan metode
ppeelmatbiehraina n dbaunk up-beunkdua mdpainn gsaanr.a nDa epnegnadni riadnia dpaekrpauns tapkealaatni hsaenk odlaahn, dpaenn dtaramnpsfinerg ainlm uk eppeandgae tamhiutraan,
tentang pengelolaan perpustakaan sekolah diharapkan dapat memberikan solusi yang sesuai.
Key Words: Pengelolaan, perpustakaan, sekolah, Pendidikan Anak Usia Dini.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, 2015,

Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia

Dini, Jakarta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, 2015,

Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan

Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, 2015,

Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan

Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta.

Darmono (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo Taufiq

A. D dan Tri S. (Ed). (2000). Pedoman Pengelolaan Perpustakaan Madrasah. Yogyakarta:

BEP-FkBA-LpPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.