KAJIAN KETERKAITAN ANTARA TINGKAT KEPERCAYAAN NASABAH TERHADAP BRANCHLESS BANKING DENGAN VARIABEL DEMOGRAFI
Abstract
Di era gital, pemain bisnis keuangan berbasis teknologi banyak bermunculan.Mensikapi situasi tersebut,
perbankan melakukan inovasi pelayanan melaluiBranchless Banking(BB). Perlindungan pada
pelanggan terhadap kemungkinan risiko penipuan serta hilangnya privasi merupakan hal yang menjadi
pertimbangan bagi nasabah BB. Untuk itu unsur kepercayaan konsumen menjadi vital bagi pelayanan
BB.Permasalahan penelitian adalah bagaimana korelasi antara variabel demografi dengan tingkat
kepercayaan terhadap Branchless Banking.Pengambilan sampel secara purposive sampling dan data
dikumpulkan dengan menggunakan kuestioner. Analisis data menggunakan tabulasi silang serta Chi
Squared. Hasil uji statistik memperlihatkan bahwa variabel gender tidak berkorelasi dengan tingkat
kepercayaan terhadap Branchless Banking sedangkan variabel pekerjaan, pendidikan dan usia memiliki
korelasi dengan tingkat kepercayaan terhadap Branchless Banking.
Kata Kunci : Branchless Banking; inovasi; perbankan, digital
Full Text:
PDFReferences
A.,Chaudhry, A.,Parveiz, Y.,Javed.2016. Determinants of Users Trust for Branchless
Banking in Pakistan. Journal of Internet Banking and Commerce. April 2016, vol.
, no. 1.
Berkup,Seizin Baysal.2014. Working with Generation X and Y in Generation Z Period:
Management in Different Generation in Business Life. Mediterranean Journal of
Social Science,Vol.15 no.19.
Davis,F.D.1993.user Acceptance of Information Technology:System
Characteristics,User Perceptions dan Behavioral Impacts.International Journal
Management Matchine Studies,18,pp.382-388.
Dzombo,Gift Komonge,Klika,James.Maingi James.2017. The Effect of Branchless
Banking Strategy of Financial Performance of Commercial Banks in Kenya.
International Journal of Financial Research,Vol.8 No.4.
F. Naimat,Popoola.2013. The Effect of Trust in Adoption of Internet Banking. A case
Study of Nigeria. International Journal of Economic and Business Management
Vol 12,pp 19-24.
Ghozali,Imam.2011.AnalisisMultivariateLanjutanDenganProgramSPSS.BadanPenerb
it Universitas Diponegoro.Semarang
Hedge,Sowmya,Kotian,Veena D. 2016. Branchless Banking for the Poor as a Part of
Financial Inclusion. International Journal of Scientific Research and Modern
Education (IJSRME),Volume 1.Issue 11.
Kasali,Renald. Bagi Perbankan, Digitalisasi Adalah Keharusan.
https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/19/173340226/bagi-perbankandigitalisasi-
adalah-keharusan
Kumar,Muneesh,Mamta, Barquissau.2012.Realtionship Between Types of Trust and
Level of Adoption of Internet Banking.Problems and Perpectives in
Management,Volume 10,Issue1.
Mc Knight,D.H.,& N.L. Chervany.2001.What Trust Means in E-Commerce Customer
Relationship: An Interdisciplinary Conceptual Typology.Journal of
Electronic E- Commerce.
Oleysker.2006. Exploring Marketing Strategies for Buiding Trust.Innovative
Marketing,Vol.2 No.1.
Sekaran,Uma.2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis.Salemba Empat.Jakarta.
Setiawan,Sakina Rakhma Diah.2018. “APJII: Paling Rendah,Penggunaan Internet
Untuk Layanan Perbankan.
http://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/1830000426/apjii-paling-rendahpenggunaan-
internet- untuk-layanan-perbankan. Di unduh tanggal 6 Pebruari
Shi, Xiaguang.2011. Exploring Factors that Hinder the Adoption of Mobile Services
in China.A Qualitative User Analysis with Special Focus on Mobile Financial
Services.
Simamora,Novuta Sari.2015.Nasabah Perbankan: dari 250 Juta Orang
Indonesia,Hanya 60 Juta Memiliki
Rekening.http://finansial.bisnis.com/read/20150620/90/445377/nasabah-perban
Refbacks
- There are currently no refbacks.