KAJIAN KETERKAITAN ANTARA TINGKAT KEPERCAYAAN NASABAH TERHADAP BRANCHLESS BANKING DENGAN VARIABEL DEMOGRAFI

Sri Widiyati, Theresia Tyas Listyani, Embun Duriany, Muh. Rois

Abstract


Di era gital, pemain bisnis keuangan berbasis teknologi banyak bermunculan.Mensikapi situasi tersebut,
perbankan melakukan inovasi pelayanan melaluiBranchless Banking(BB). Perlindungan pada
pelanggan terhadap kemungkinan risiko penipuan serta hilangnya privasi merupakan hal yang menjadi
pertimbangan bagi nasabah BB. Untuk itu unsur kepercayaan konsumen menjadi vital bagi pelayanan
BB.Permasalahan penelitian adalah bagaimana korelasi antara variabel demografi dengan tingkat
kepercayaan terhadap Branchless Banking.Pengambilan sampel secara purposive sampling dan data
dikumpulkan dengan menggunakan kuestioner. Analisis data menggunakan tabulasi silang serta Chi
Squared. Hasil uji statistik memperlihatkan bahwa variabel gender tidak berkorelasi dengan tingkat
kepercayaan terhadap Branchless Banking sedangkan variabel pekerjaan, pendidikan dan usia memiliki
korelasi dengan tingkat kepercayaan terhadap Branchless Banking.
Kata Kunci : Branchless Banking; inovasi; perbankan, digital


Full Text:

PDF

References


A.,Chaudhry, A.,Parveiz, Y.,Javed.2016. Determinants of Users Trust for Branchless

Banking in Pakistan. Journal of Internet Banking and Commerce. April 2016, vol.

, no. 1.

Berkup,Seizin Baysal.2014. Working with Generation X and Y in Generation Z Period:

Management in Different Generation in Business Life. Mediterranean Journal of

Social Science,Vol.15 no.19.

Davis,F.D.1993.user Acceptance of Information Technology:System

Characteristics,User Perceptions dan Behavioral Impacts.International Journal

Management Matchine Studies,18,pp.382-388.

Dzombo,Gift Komonge,Klika,James.Maingi James.2017. The Effect of Branchless

Banking Strategy of Financial Performance of Commercial Banks in Kenya.

International Journal of Financial Research,Vol.8 No.4.

F. Naimat,Popoola.2013. The Effect of Trust in Adoption of Internet Banking. A case

Study of Nigeria. International Journal of Economic and Business Management

Vol 12,pp 19-24.

Ghozali,Imam.2011.AnalisisMultivariateLanjutanDenganProgramSPSS.BadanPenerb

it Universitas Diponegoro.Semarang

Hedge,Sowmya,Kotian,Veena D. 2016. Branchless Banking for the Poor as a Part of

Financial Inclusion. International Journal of Scientific Research and Modern

Education (IJSRME),Volume 1.Issue 11.

Kasali,Renald. Bagi Perbankan, Digitalisasi Adalah Keharusan.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/19/173340226/bagi-perbankandigitalisasi-

adalah-keharusan

Kumar,Muneesh,Mamta, Barquissau.2012.Realtionship Between Types of Trust and

Level of Adoption of Internet Banking.Problems and Perpectives in

Management,Volume 10,Issue1.

Mc Knight,D.H.,& N.L. Chervany.2001.What Trust Means in E-Commerce Customer

Relationship: An Interdisciplinary Conceptual Typology.Journal of

Electronic E- Commerce.

Oleysker.2006. Exploring Marketing Strategies for Buiding Trust.Innovative

Marketing,Vol.2 No.1.

Sekaran,Uma.2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis.Salemba Empat.Jakarta.

Setiawan,Sakina Rakhma Diah.2018. “APJII: Paling Rendah,Penggunaan Internet

Untuk Layanan Perbankan.

http://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/1830000426/apjii-paling-rendahpenggunaan-

internet- untuk-layanan-perbankan. Di unduh tanggal 6 Pebruari

Shi, Xiaguang.2011. Exploring Factors that Hinder the Adoption of Mobile Services

in China.A Qualitative User Analysis with Special Focus on Mobile Financial

Services.

Simamora,Novuta Sari.2015.Nasabah Perbankan: dari 250 Juta Orang

Indonesia,Hanya 60 Juta Memiliki

Rekening.http://finansial.bisnis.com/read/20150620/90/445377/nasabah-perban


Refbacks

  • There are currently no refbacks.