KORELASI ANTARA VARIABEL DEMOGRAFI DENGAN TINGKAT ADOPSI E-BANKING
Abstract
Inovasi pelayanan yang telah dilakukan oleh perbankan akan berhasil bergantung pada niat adopsi dan niat loyal
nasabah dalam penggunakan E-Banking. Semakin tinggi niat adopsi dan niat loyal terhadap inovasi perbankan maka
perbankan semakin kuat, system keuangan tidak mudah rapuh dan ekonomi nasional semakin kuat. Permasalahan
penelitian adalah bagaimana korelasi antara variabel demografi dengan tingkat adopsi E-Banking.Pengambilan sampel
secara purposive sampling dan data dikumpulkan dengan mernggunkan kuestioner. Analisis data menggunakan
tabulasi silang serta menggunakan Chi Squared. Hasil uji statistik memperlihatkan bahwa variabel gender dan tingkat
pendidikan tidak berkorelasi dengan tingkat adopsi E-Banking sedangkan variabel usia dan pekerjaan memiliki
korelasi dengan tingkat adopsi E-Banking.
Kata kunci : E-Banking, tingkat adopsi, variabel demografi, Chi-Squared
Full Text:
PDFReferences
A.A.,Chaudhry, A.,Parveiz, Y.,Javed.2016. Determinants of Users Trust for Branchless Banking in
Pakistan. Journal of Internet Banking and Commerce. April 2016, vol. 21, no. 1.
Akturan,U. dan Tezean,N.2012.Mobile Banking Adoption of The Youth Market: Perception and
Intentions.Marketing Intelligence & Planning.30 (4):444-459.
Chen,C.S.2013.Perceived Risk,Usage Frequency of Mobile Banking Services. Managing Service
Quality,23 (5): 410-436.
Chongo,Pamela John dan Sedoyeka Eliamani. 2014.Exploring Factors Affecting Mobile Money
Adoption in Tanzania.International Journal of Computing and ICT research,Vo.8.
Cudjoe,A.G.,Anim,P.A., dan Nyanyofio,J.G.N.T. 2015.Determinants of Mobile Banking Adoption
in the Ghanaian Banking Industry: A case of access Bank Ghimaana Limited.Journal of
Computer and Communication.3:1-9.
Curran,J.M. dan Meuter,M.L.2005.Self Service Technology Adoption:Comparing Three
Technologies.Journal of Services Marketing,19 (2), PP.103-113.
Ghobakhloo,Morteda; Hong,Tang Sa;Sabouri,Mohammad Sadegh dan Zulkifli,Norzima.2012
Strategies for Successful Information Technology Adoption in Small and Medium-sized
Enterprises. Information, 3.
Indaryani,Tri.2017. Pengguna e-Banking Indonesia Naik 270 Persen. Ini Target Keuangan Digital
http://batam.tribunnews.com/2017/04/19/pengguna-e-banking-indonesia-naik-270-perse
n-ini-target-keuangan-digital-2020?page=3. Diunduh tanggal 22 Desember 2018.
Mahayana,Dimitri.Akankah Financial Tech Menggeser Perbankan Konvensional ?
https://sharingvision.com/akankah-finacial-tech-menggeser-perbankan
konvensional/.Diunduh 12 Januari 2019.
Mundy,Paul.2000.Adopsi dan Adaptasi Teknologi Baru.PAATP3.Bogor.
Ndumba,Hannah Wangari dan Muturi Wiily.2014. Factors Affecting Adoption of Mobile Banking
in Kenya: Case Studiy of Kenya Commercial Bank Limuru. International Journal of Social
Sciences Management and Enterpreneurship 1(3): 92-112,November.
Shang Wu,Feng dan Shen Yen,Yung.2014. Factors Influencing the Use of Mobile Financial
Services:Evidence from Taiwan.Modern Economy,pp.1221-1228.2,June.
Shi, Xiaguang.2011. Exploring Factors that Hinder the Adoption of Mobile Services in China.A
Qualitative User Analysis with Special Focus on Mobile Financial Services.
Refbacks
- There are currently no refbacks.