PEMODELAN ANALITIS BERBASIS KOMPUTER UNTUK PONDASI FOOTPLAT GUNA PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN MAHASISWA
Abstract
Pembuatan model analitis berbasis komputer untuk pondasi, sehingga mahasiswa lebih memahami alur
dalam menganalisa dan mendesain konstruksi khususnya pondasi footplat. Menguji program tersebut
melalui komparasi kecepatan perhitungan dengan perhitungan manual pondasi footplat. Penelitian ini
melibatkan mahasiswa sehingga menciptakan kompetensi mahasiswa yang lebih unggul. Penerapan
knowledge (yaitu ilmu pondasi), skill (yaitu ketrampilan komputer) dan attitude (yaitu sikap disiplin,
kerja keras) kesemuanya diasah dalam penelitian terapan ini. Sering kali kita juga dihadapi pada
permasalahan kemampuan mahasiswa kita didalam memahami materi konstruksi Sipil.Mahasiswa
perlu sekali pendalaman mengenai alur langkah penyelesaian masalah pondasi. Mahasiswa bisa
lebih memahami alur penyelesaian analitis pondasi footplat dengan jalan mempelajari flowchart dan
urutan pengerjaan dibanding yang tidak mempelajari flowchart (baca : hanya rumus-rumus).Dengan
menuliskan program pondasi footplat dengan program komputer sendiri, pemrogram secara sadar maupun
tidak sadar akan memahami alur kerja atau prinsip kerja dari program yang dibuatnya. Ini sangat
mendukung dalam peningkatan kemampuan mahasisiwa dalam mendalami dan memahami alur
penyelesaian (kompetensi) masalah konstruksi.Tujuan penelitian ini adalah membuat model analitis
pondasi footplat dengan Excel (program komputer), sehingga mahasiswa lebih memahami alur dalam
menganalisa dan mendesain konstruksi khususnya pondasi footplat.Program ini dapat memperkirakan
dimensi pondasi footplat dan menghitung kebutuhan tulangan geser maupun tulangan lentur untuk
pondasi footplat.Untuk data tanah diperlukan uji sondir untuk menghitung daya dukung tanah. Sedangkan
beban yang diterima pondasi footplat diambil dari output SAP di Joint Reaction untuk nilai Fz, Fx dan Fy.
Kata Kunci : pondasi, pondasi footplat, pondasi dangkal.
128
Full Text:
PDFReferences
Dedi Budi Setiawan (2013). Penelitian Terapan “Pemodelan Analitis Balok “T” Beton
Tulangan Gandadengan Visual Basic Guna Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Mahasiswa dan Peranan Pengembangan Software Konstruksi di
Indonesia”.
Dedi Budi Setiawan (2014a). Penelitian Terapan “Pemodelan Analitis BalokLentur,
Geser dan Torsidengan Visual Basic Guna Peningkatan Kompetensi Pembelajaran
Mahasiswa dan Peranan Pengembangan Software Konstruksi di Indonesia”.
Dedi Budi Setiawan (2014b). Penelitian Terapan “Pemodelan Analitis Berbasis Komputer
Untuk Kolom Baja Tersusun Guna Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Mahasiswa”.
Gere, J. M. (2004). “Mechanics of Materials 6 Ed.”, Brooks/Cole – Thomson Learning,
Belmont, CA
Gramoll , K., Abbanat, R .(1996). “Interactive Multimedia for Engineering Statics”,
ASEE Conf., Mechanics Division, June 96
Holzer, S.M., Andruet, R.H. (2000). “Experiential Learning in Mechanics with
Multimedia”, The International Journal of Engineering Education 16(5)
James G. MacGregor(1988), Reinforced Concrete: Mechanic and Design”, Prentice
Hall, Englewood Cliffs, New Jersey.
Jensen, D., Self, B., Rhymer, D. , Wood, J., Bowe, M. (2002). “A rocky journey toward
effective assessment of visualization modules for learning enhancement in
Engineering Mechanics”, Educational Technology & Society 5(3)
Philpot, T.A. (2000). “MDSolids: Software to Bridge the Gap Between Lectures and
Homework in Mechanics of Materials”, The International Journal of Engineering
Education 16(5)
Sandhu, J.S.(2002). “An Active Engagement Pedagogy for Introductory Solid
Mechanics”, Thesis of Master of Science at the Massachusetts Institute Of
Technology
SNI 03 – 1729 – 2002,Tata cara perencanaan struktur baja untuk bangunan gedung ,
Badan Standarisasi Nasional
Vis, W.C. Kusuma, G., (1993), “CUR Grafik dan Tabel Berhitungan Beton
Bertulangan”, Erlangga.
Wiryanto Dewobroto (2006), “Lokakarya Pengajaran Mekanika Teknik, Konstruksi
Beton dan Konstruksi Baja”, Bukit Jimbaran – Bali, 26-27 Juli 2006, Jurusan
Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Refbacks
- There are currently no refbacks.