PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN GEDUNG DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DARI SUDUT PANDANG TENANT

Stefanus Santosa, Mochammad Tri Rochadi, Suroso Suroso, Suwarto Suwarto, Mawardi Mawardi

Abstract


Bangunan mall adalah pusat perbelanjaan yang secara arsitektur berupa bangunan
tertutup dengan suhu yang diatur dan memiliki jalur yang teratur. Infrastruktur bangunan mall
terdiri dari beberapa tenant yang menawarkan berbagai macam kebutuhan masyarakat serta
adanya atrium dalam mall yang berfungsi sebagai tempat pameran. Tujuan dari penelitian ini
adalah mengetahui urutan prioritas dan kondisi bangunan mall, yang berguna sebagai acuan
dalam kegiatan perbaikan yang berimbas pada kepuasan tenant. Permasalahan kepuasan tenant
dapat diakibatkan dari berbagai faktor salah satunya, yaitu terkait fasilitas, perbaikan gedung
dan penanganannya yang dikhawatirkan dapat mempengaruhi produktivitas. Data primer pada
penelitian ini diperoleh dengan cara pengamatan langsung di lokasi penelitian, dan
menyebarkan form kuisioner kepada responden yang terkait. Data sekunder diperoleh dari data
penelitian terdahulu, peraturan yang berlaku, dan pedoman bangunan gedung. Penelitian ini
menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), untuk menentukan bobot
komponen yang diperoleh dari hasil penilaian kepentingan komponen bangunan, oleh masingmasing
responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor pertimbangan utama perbaikan
gedung peringkat pertama adalah faktor kenyamanan dengan nilai prioritas 21,299%, peringkat
kedua faktor keselamatan dengan nilai prioritas 18,343%, peringkat ketiga faktor dana/ biaya
yang terbatas dengan nilai prioritas 16,192%. Berdasarkan model hierarki yang telah disusun,
maka dapat ditemukan Model Prioritas Pengambilan Keputusan Perbaikan Gedung khususnya
Mall dengan mempertimbangkan faktor kenyamanan, kesehatan, keselamatan, kemudahan
akses, dana/ biaya yang terbatas, petugas yang terbatas, dan waktu yang terbatas (deadline).
Kata kunci: Perbaikan/ Perawatan Gedung, Analytical Hierarchy Process (AHP), Mall.


Full Text:

PDF

References


Cahyarini, V.P., Hartono, W., dan

Sugiyarto. 2015. Prioritas

Pemeliharaan Bangunan Gedung-

Gedung Puskesmas dengan Bahasa

Pemograman Berbasis Metode

Analytical Hierarchy Process (Studi

Kasus Gedung- Gedung Puskesmas

Kabupaten Sukoharjo). E-Jurnal

Matriks Teknik Sipil. 2015. 1145-

Hartono, M. B., dan Ratnaningsih, A .

Penentuan Prioritas

Pemeliharaan dan Pengembangan

Insfrastruktur Bangunan Gedung

Puskesmas Dengan Metode AHP

(Analytical Hierarcy Process) di

Kabupaten Jember. Konferensi

Nasional Teknik Sipil dan

Infrastruktur, Jurusan Teknik Sipil,

Universitas Jember. 2017.

Indra. Sinulingga, S, Nazaruddin. 2016.

Analisis Efektivitas Manajemen

Pemeliharaan Gedung dengan Studi

Kasus Mall Meulaboh. Jurnal

Ekonom, Vol 19, No 4, Oktober

Ma’shum, F dan Dharmawan, H. 2018.

Analisis Prioritas Pemeliharaan Gedung PT. Telkom Regional IV

Jateng & DIY Menggunakan Metode

Analytical Hierarchy Process (AHP).

Skripsi, Jurusan Teknik Sipil,

Program Studi Teknik Perawatan dan

Perbaikan Gedung, Politeknik Negeri

Semarang. 2018.

Maitland, Barry. 1987. Shopping

Hypermarkets Planning and Design.

London: Construction Press. 1987.

Marsha, A. 2015. The Impact of Plaza

Indonesia Shopping Mall’s Attributes

toward Customers Satisfaction. iBuss

Management Vol 3, No 2. 2015.

Putra, D dan Rianto, F. 2018. Analisis Skala

Prioritas Pemeliharaan Gedung

Perkantoran C L2DIKTs Wilayah VI

Jawa Tengah dengan Metode

Analytical Hierarchy Process (AHP).

Skripsi, Jurusan Teknik Sipil,

Program Studi Teknik Perawatan dan

Perbaikan Gedung, Politeknik Negeri

Semarang. 2018.

Republik Indonesia. 2008. Peraturan

Menteri Pekerjaan Umum Nomor

/PRT/M/2008 tentang Pedoman

Pemeliharaan dan Perawatan

Bangunan Gedung. Lembaran

Negera RI Tahun 2008. Sekretariat

Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 2002. Undang Undang

No. 28 Tahun 2002 tentang Tujuan

Pengaturan Bangunan Gedung.

Lembaran Negera RI Tahun 2002,

No. 28. Sekretariat Negara. Jakarta.

Saaty, T.L. 1990. The Analytic Hieararchy

Process In Conflict Management.

The International Journal of Conflict

Management. 1990, Vol 1, No. 1.

Saparudin, Y., Hartono, W., dan Sugiyarto.

Skala Prioritas Pemeliharaan

Gedung-Gedung Kantor Kecamatan

di Kabupaten Sukoharjo dengan

Metode Analytical Hierarchy

Process (AHP). E-Jurnal Matriks

Teknik Sipil. 2017. P.423-429.

Sinchaloenman dan Ngamyan. 2013, Key

Factors Affecting Small Tenant

Decision on Renewing Shopping mall

Rent Contract. International Journal of Scientific and Research

Publications, Volume 3, Issue 12,

December 2013, ISSN 2250-3153.

Subagio, H. 2011. Pengaruh Atribut

Supermarket terhadap Motif Belanja

Hedonik Motif Belanja Utilitarian

dan Loyalitas Konsumen. JURNAL

MANAJEMEN PEMASARAN, Vol.

, No. 1, April 2011: 8-21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.