PERSEPSI MUTU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PEMASARAN POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi mahasiswa mengenai mutu pendidikan,
bagaimana karakteristik dosen, dan bagaimana methodologi pengajaran dosen. Tujuan dari penelitian ini
adalah menganalis mutu pendidikan dengan menggunakan persepsi mahahasiswa mengenai karakateristik
dosen dan metodologi pengajaran. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah survey kepada
mahasiswa Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Semarang. Uji validitas dan reliabelitas
digunakan untuk menguji validitas butir-butir pernyataan konstruk indikator atau variable penelitian. Metode
analisis ANOVA digunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Temuan dalam penelitian ini menyimpulkan
bahwa dengan menggunakan indikator karakteristik dosen, dan methodolgi pengajaran, dan pengalaman
pembelajaran yang dirasakan oleh mahasiswa, maka mahasiswa memiliki persepsi mutu pendidikan di
Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Semarang adalah baik. Namun demikian, temuan
dalam penelitian ini menyarankan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menyajikan materi kuliah,
memberikan istruksi penugasan, mempersipkan pengajaran, dan menggunakan teknik pemecahan masalah,
Dalam methodologi pengajaran dosen masih perlu meningkakan kemampuannya dalam mengembangkan
bahan ajar.
Kata kunci: Mutu pendidikan, karakteristik dosen, metodologi pengajaran, kompetensi, mahasiswa
Full Text:
PDFReferences
Keelson, Solomon Abekah. 2011. Student Perception of Teaching Quality In Business
Schools: Evidence From Polytechnic Institutions In Ghana. Business Education &
Accreditation Vol 3, No 1: 77-89 .
Murwatiningsih, 2015. Analysis of Perceived Quality of Education Service. Jurnal
Dinamika Manajemen, Vol. 6, No. 1: 40-54.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supaya, Sandi. 2012. Fokus Pada Proporsi Nilai Pelanggan. Prosiding Simposium
Nasional Akuntansi Vokasi (SNAV) 1 ISSN : 2302-741-X 4 Nopember 2012 hal 301
– 309
-----------------. 2012. Strategi Dalam Menghadapi Pesaing-pesaing Program Studi
Manajemen Pemasaran Politeknin Negeri Semarang. Jurnal Admisi & Bisnis Volume
Nomor 3 Desember 2012. Hal 323-328
-----------------. 2012Analisis Kebutuhan Pasar Tenaga Kerja Subsektor Industri Periklanan
Dalam Konteks Industri Kreatif di Kota Semarang (Guna Penguatan Prodi
Marketing), Laporan penelitian 2012. (unpublished)
-----------------. 2011. Analisis Positioning Program Studi Manajemen Pemasaran Terhadap
Keputusan Pemilihan Program Studi Manajemen Pemasaran Pada Jurusan
Administrasi Niaga Politeknik Negeri Semarang. Laporan penelitian 2011.
(unpublished)
Refbacks
- There are currently no refbacks.