PENERAPAN TEKNOLOGI PEMASARAN PRODUK MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE BAGI UMKM DI DESA METESEH KECAMATAN TEMBALANG, KOTA SEMARANG

Azizah Azizah, Isnaini Nurkhayati, Jumi Jumi, Tedjo Mulyono

Abstract


Pelaksanaan Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk membantu mencarikan solusi permasalahan di bidang pemasaran dan peningkatan usaha yang dihadapi para pelaku UMKM,  agar dapat meningkatkan pendapatan khalayak sasaran. Permasalahan yang dihadapi UMKM Aneka Makanan Ringan Desa Meteseh, Kecamatan Tembalang, Semarang, adalah kurangnya kemampuan para pelaku UMKM dalam menguasai IPTEK, berpikir kreatif dan berinovasi dalam memasarkan produknya. Solusi yang diberikan dengan memberikan pemahaman akan arti pentingnya Penerapan Teknologi Pemasaran Produk menggunakan media online guna memperluas wilayah pemasaran, meningkatkan omzet penjualan, menciptakan ide-ide baru dari media online dan pedampingan pembuatan akun pada media sosial dan Marketplace. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan sosialisasi, pelatihan dan pedampingan penerapan teknologi pemasaran online. Penerapan Teknologi Pemasaran Menggunakan Media online pada UMKM  di Desa Meteseh,, Semarang, akan berpengaruh terhadap perluasan wilayah pemasaran, peningkatan omzet penjualan dan peningkatan keuntungan UMKM. Pelaksanaan kegiatan pengabdian diharapkan dapat membantu Pemerintah untuk meningkatkan penghasilan dan taraf hidup pelaku UMKM Aneka Makanan Ringan pada Desa Meteseh, Kecamatan Tembalang.

Keywords


umkm, online media, pemasaran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/sitechmas.v5i2.5482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats