Website E-Commerce pada UMKM Omah Kopi Tarik Tuntang

Faizu AzZahra, Isnaeni Dhiyaa Fathiina

Abstract


UMKM Omah Kopi Tarik Tuntang merupakan sebuah UMKM yang memproduksi berbagai jenis olahan kopi dan sayur. UMKM ini melakukan kegiatan promosi dan penjualan produk secara tradisional dengan menjualkan produk di cafe miliknya dan juga kerja sama dengan berbagai pihak. Dengan proses pemasaran dan promosi yang sederhana, UMKM Omah Kopi Tarik Tuntang hanya dapat menjangkau konsumen yang ada di daerah sekitar Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah website e-commerce yang dapat dijangkau oleh konsumen di berbagai wilayah di Indonesia sehingga jangkauan konsumen akan menjadi lebih luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall. Dalam metode ini setiap langkah dilakukan secara berurutan, mulai dari analisis kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program, hingga penerapan dan pemeliharaan sistem. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan website e-commerce ini adalah bahasa pemrograman PHP dengan framewrok Laravel dan database MySQL. Selain itu, digunakan juga API RajaOngkir untuk melakukan perhitungan ongkos kirim untuk setiap pembelian dan payment gateway Midtrans untuk melakukan pembayaran. Hasil dari pembuatan website e-commerce ini adalah pemilik UMKM Omah Kopi Tarik Tuntang dapat mempromosikan dan menjual produk mereka ke luar daerah produksi secara online. Pembeli juga dapat melakukan pemesanan produk ke alamat tujuan yang diinginkan serta melakukan pembayaran secara online.

Kata kunci : Midtrans, RajaOngkir, UMKM Omah Kopi Tarik Tuntang, Waterfall, Website e-commerce


Full Text:

PDF

References


M. Shaleh, N. Anbar, B. Gunawan, and R. Sanjaya, “Website E-Commerce Green Fresh untuk UMKM Rumah Sayur Cisarua.,” eProsiding Sist. Inf. (POTENSI), vol. 1, no. 1, pp. 381–389, 2020.

F. S. Zahra and I. Mardhiyah, “PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE PADA TOKO TAWAZUN OUTDOOR DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS,” pp. 216–234, 2017.

N. W. Deriani, “Analisis Perancangan E-Commerce Sistem Penjualan Produk Hasil Olahan Kopi,” vol. 12, no. 2, p. 8, 2018, [Online]. Available: http://files/10220/Deriani - 2018 - Analisis Perancangan E-Commerce Sistem Penjualan P.pdf

B. Burhanudin and B. Baharuddin, “Aplikasi E-Commerce Pada Toko Khairunniswa Berbasis Web,” Simtek J. Sist. Inf. dan Tek. Komput., vol. 2, no. 1, pp. 7–13, 2017, doi: 10.51876/simtek.v2i1.27.

R. A. A. Febriyanti Darnis, “Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado,” Sindimas, vol. 1, no. 1, pp. 275–278, 2019, [Online]. Available: http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sindimas/article/view/584

R. S. Anggara and M. A. I. Pakereng, “Perancangan Website E-commerce Soemardjan Florist Menggunakan Framework Laravel,” vol. 6, pp. 21–32, 2022.

D. D. Kurniawan and A. Widjaja, “Implementasi E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas Pada Toko Sepatu Rapillo,” J. BIT (Budi Luhur Inf. Technol., vol. 18, no. 2, pp. 80–84, 2022.

K. Aditya, F. Putra, and I. Arwani, “Pemanfaatan API RajaOngkir untuk Cek Ongkos Kirim Otomatis pada Pembangunan Website E-Commerce menggunakan Framework Codeigniter ( Studi Kasus : Jingga Hijab ),” vol. 5, no. 1, pp. 311–318, 2021.

H. E. Nugroho and A. Nugroho, “Analisis Dan Perancangan E-Commerce Pada Toko Sepatu Dope13Store Menggunakan Framework Laravel,” Inf. Syst. J., vol. 4, no. 1, pp. 38–44, 2021, doi: 10.24076/infosjournal.2021v4i1.565.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v11i2.5395

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v11i2.5395.g109102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

08112782211
jtet@polines.ac.id

 
 Creative Commons License