Pelacakan Obyek Warna Untuk Mengontrol 2 Axis Servo Dengan Metode HSV Filtering

Vinda Setya Kartika, Rizkha Ajeng Rochmatika

Abstract


Dalam perkembangan teknologi saat ini otomatisasi sangat diperlukan untuk efisiensi dalam berbagai hal. Pelacakan obyek warna telah banyak dilakukan untuk berbagai macam keperluan akan tetapi masih sedikit yang digunakan untuk kendali otomasi. Penelitian ini memaparkan pelacakan obyek berwarna sebagai kendali atau kontrol otomatis 2 axis servo. Kamera yang digunakan dalam penelitian ini berfungsi untuk mengambil video yang kemudian diproses dalam pengolahan citra. Proses pengolahan citra yang dilakukan yaitu memodelkan video yang dihasilkan dalam citra warna red, green, blue (RGB) yang kemudian dikonversikan ke citra warna hue, saturation, value (HSV). Hasil dari pengolahan citra HSV digunakan untuk proses thresholding untuk mencari nilai batas tertinggi dan terendah obyek warna tersebut. Setelah didapatkan nilai thresholding dilanjutkan ke proses filter morfologi untuk menghilangkan noise pada obyek warna. Metode filter morfologi yang digunakan yaitu erosi dan dilasi. Setelah menghilangkan noise selanjutnya dilakukan deteksi tepi pada obyek yang akan menghasilkan titik tengah yang digunakan kamera untuk mendeteksi posisi obyek warna tersebut. Setelah keberadaan obyek terdeteksi maka program akan dikirim ke mikrokontroller arduino untuk dapat menggerakkan 2 axis servo secara pan dan tilt yang terhubung dengan kamera tersebut sehingga pergerakan kamera selalu dapat mengikuti pergerakan objek secara relatime. Pengujian terhadap pendeteksian posisi obyek warna menunjukkan bahwa servo dapat menggerakkan 2 axis servo secara pan dan tilt sehingga kamera dapat mengikuti pergerakan obyek warna tersebut secara realtime.

 

Kata kunci : HSV, Kamera, Pengolahan Citra, RGB, 2 Axis Servo


Full Text:

PDF

References


Aprianto, “Deteksi Benda Berdasarkan Bentuk Dan Warna Pada Mesin Pemisah Barang,” Tugas Akhir Teknik Mekatronika Politeknik Negeri Batam, 2018.

Ayuningsih K., Yuita A. S., dan Putra P. A., “Klasifikasi Citra Makanan Menggunakan HSV Color Moment dan Local Binary Pattern dengan Naïve Bayes Classifier,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 4, pp. 3166 – 3173, April 2019.

Aziz N. N. A., dkk., “Real – time Tracking using Edge and Color Feature”, IEEE, International Islamic University Malaysia, 2014 [5th International Conference on Computer & Communication Engineering].

Fadlullah M., dkk., “Implementasi Filter Morfologi Untuk Menghilangkan Noise Objek Pada Robot Sepak Bola”, 5th Indonesian Symposium on Robotic Systems and Control, 6 Juli 2017.

Fathi Z. M., Fahmi A., dan Unang S., “Robot Pengenal dan Pencari Objek dengan Kamera Menggunakan Metode Transformasi Hough”, Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi Di Industri (SENIATI), pp. 2085 – 4218, 2016.

Fauzi J. F., Herman T, dan Ratih K. D., “Implementasi Metode RGB to HSV pada Aplikasi Pengenalan Mata Uang Kertas Berbasis Android untuk Tuna Netra,” Jurnal Pengenbangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 6, pp. 2319 – 2325, Juni 2018.

Herdiana B. dan Yanuar B. P., “Sistem Deteksi dan Penembak Target pada Robot Tank Dengan Pengendali Nirkabel,” Telekontran, vol. 5, no. 1, April 2017

Kartika V. S., M. Rivai., dan Djoko P., “Spoiled Meat Classification Using Semiconductor Gas Sensors, Image Processing and Neural Network,” IEEE, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Indonesia, 2018 [2018 International Conference on Information and Communication Technology (ICOIACT)].

Kusumanto R. D., Alan N. T., dan Wahyu S. P., “Klasifikasi Warna Menggunakan Pengolahan Model Warna HSV,” Jurnal Ilmiah Elite Elektro, vol. 2, no. 2, pp. 83-87, September 2011.

Prabowo D. P., Dedy A, dan Ari M., “Deteksi dan Perhitungan Objek Berdasarkan Warna Menggunakan Color Object Tracking,” Jurnal Pseudocode, vol. V, no. 2, pp. 2355 – 5290, September 2018.

Putranto B. Y. B., Widi H., dan Katon W., “Segmentasi Warna Citra Dengan Deteksi Warna HSV Untuk Mendeteksi Objek,” Jurnal Informatika, vol. 6, no. 2, November 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v10i1.2554

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v10i1.2554.g107309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

08112782211
jtet@polines.ac.id

 
 Creative Commons License