Desain ITECE (Insulator Tester with Camera) pada Pelaporan Daya Elektrik dan Visual Isolator

Abdul Syakur, S.T., M.T., Subronto Subronto, Mery Andrianto

Abstract


Dalam sistem penyaluran tenaga listrik di lingkungan P3B Jawa - Bali, SUTT 150 kV dan SUTET 500 kV memegang peranan yang sangat vital dan menjadi tulang punggung dari sistem kelistrikan di seluruh wilayah Jawa dan Bali. Sistem penyaluran energi listrik menggunakan saluran udara, dimana sistem ini terdiri atas menara yang dilengkapi isolator, konduktor dan kawat tanah. Isolator memegang peranan yang sangat penting yaitu berfungsi sebagai penyekat antara konduktor yang bertegangan dengan badan menara agar tidak terjadi hubung singkat antara konduktor dan badan menara. Secara mekanik isolator berfungsi sebagai penyangga beban berat dari konduktor. Selama ini asessment isolator dilaksanakan menggunakan metode Climb Up untuk mengetahui kondisi isolator secara visual dan mekanik, dan menggunakan Insulator Tester untuk mengetahui kondisi isolator secara elektrik. Metode Climb Up bisa diaplikasikan pada SUTT 150 kV dan SUTET 500 kV. Sementara untuk metode insulator tester jenis Probe hanya bisa diaplikasikan pada SUTET 500 kV dan belum bisa diaplikasikan pada SUTT 150 kV karena desain dudukan Probe yang terlalu besar. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu didesain suatu alat yang dapat digunakan untuk assessment isolator pada SUTT 150 kV. Makalah ini menjelaskan sebuah desain ITECE yang dibuat oleh tim UPDL Semarang. ITECE bekerja untuk mempermudah dan mempercepat dalam pekerjaan assessment isolator dengan tetap mengutamakan keselamatan kerja. Kelebihan alat ITECE dapat digunakan pada seluruh jaringan SUTET 500 kV,  SUTT 150 kV dan 70 kV.

Full Text:

PDF

References


PT. PLN (PERSERO) P3B JAWA BALI, Dokumen Prosedur dan Pedoman Pelaksanaan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan Pada Instalasi Tegangan Tinggi/Tegangan Extra tinggi, Jakarta 2004

Hubbel Power System, Inc, Tool catalog, Centralia USA, 2004.

Omaka Training, Pedoman Transmisi Saluran Bertegangan, Bleniheim, 1998.

PERUSAHAAN UMUM LISTRIK NEGARA P2JB, Metode Konstruksi Pembangunan Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi 500 kV, Jakarta, 1987.

The Institution of Electrical Engineers, High Voltage Engineering and Testing, London, United Kingdom, 1994

TEKNIK TENAGA LISTRIK JILID II, Saluran Transmisi DR. A. ARISMUNANDAR, Jakarta, 1972.

Manual book POSITRON

Manual Book GO Pro Hero 3

Bonggas L. Tobing, Pengujian dan Pembangkitan Teknik tegangan Tinggi

SPLN.82-1-1991 tentang PDKB

SPLN U2.001: PDKB persyaratan umum dan tata kelola

Live Line Worker ,Trans Power, New Zealand




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v9i3.2107

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v9i3.2107.g107238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.