PERANCANGAN GAME “RUNTHINK” SEBAGAI ALAT PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG

Authors

  • ovide decroly wisnu ardhi Universitas Sebelas Maret
  • Eko Harry Pratisto D3TI Universitas Sebelas Maret
  • Firma Sahrul Bahtiar D3TI Universitas Sebelas Maret
  • Noris Sugeng Munandar D3TI Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.32497/jtet.v5i1.182

Abstract

Aritmatika merupakan cabang matematika yang mempelajari operasi dasar bilangan. Kemampuan dasar aritmatika diperlukan sebagai dasar perhitungan yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi dengan bentuk game sebagai upaya dalam meningkatkan kecepatan penghitungan menggunakan operator matematika dalam bentuk hiburan. Penelitian ini menekankan pada operasi aritmatika penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk game dengan judul “RunThink”. Metode Software Development Life Cycle (SDLC) diterapkan dalam pengembangan aplikasi dengan tahapan pengembangan konsep dan storyboard, perancangan desain, dan pengujian (Jogiyanto, 2006).
Game “RunThink” memiliki jenis endless game. Subyek pengujian aplikasi didapat sebanyak 16 pengguna dimana semuanya berpendapat game “RunThink” membantu mempercepat perhitungan aritmatika.
Kata kunci: aritmatika, game, hiburan, penjumlahan, pengurangan

Downloads

Published

2016-10-24

Issue

Section

Articles