PERANCANGAN GAME “RUNTHINK” SEBAGAI ALAT PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG

ovide decroly wisnu ardhi, Eko Harry Pratisto, Firma Sahrul Bahtiar, Noris Sugeng Munandar

Abstract


Aritmatika merupakan cabang matematika yang mempelajari operasi dasar bilangan. Kemampuan dasar aritmatika diperlukan sebagai dasar perhitungan yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi dengan bentuk game sebagai upaya dalam meningkatkan kecepatan penghitungan menggunakan operator matematika dalam bentuk hiburan. Penelitian ini menekankan pada operasi aritmatika penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk game dengan judul “RunThink”. Metode Software Development Life Cycle (SDLC) diterapkan dalam pengembangan aplikasi dengan tahapan pengembangan konsep dan storyboard, perancangan desain, dan pengujian (Jogiyanto, 2006).
Game “RunThink” memiliki jenis endless game. Subyek pengujian aplikasi didapat sebanyak 16 pengguna dimana semuanya berpendapat game “RunThink” membantu mempercepat perhitungan aritmatika.
Kata kunci: aritmatika, game, hiburan, penjumlahan, pengurangan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v5i1.182

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v5i1.182.g356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

08112782211
jtet@polines.ac.id

 
 Creative Commons License