ANORA : Aplikasi Donor Darah Berbasis Android dan Web dengan Sistem Broadcast Kebutuhan Darah di PMI Semarang

Tri Raharjo Yudantoro, Idhawati Hestiningsih, Azalia Charis Sekar Ayu, Yanuar Indrawati

Abstract


Komunikasi antara pendonor dengan pasien yang membutuhkan darah cenderung mengalami kesulitan dikarenakan tidak adanya sarana komunikasi yang tersedia. Masih banyak pasien yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan darah langsung di PMI karena stok darah yang dibutuhkan tidak selalu ada. Para pendonor terkadang kesulitan untuk melakukan proses donor darah karena kemungkinan tidak ada kantor PMI yang tersedia di wilayah mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi donor darah berbasis android dan web dengan sistem broadcast (Anora) yang dapat diimplementasikan di Kota Semarang dan juga bermanfaat untuk seluruh masyarakat. Metode yang digunakan adalah Waterfall yang mana metodologi penelitian ini memiliki tahapan yang harus dilakukan secara berurutan, mulai dari tahapan analisis kebutuhan, desain sistem
dan perangkat lunak, implementasi dan pengujian unit, integrasi serta pengujian sistem, kemudian tahap terakhir adalah operasi dan pemeliharaan. Anora dibuat dalam 2 media yaitu aplikasi android yang
digunakan oleh user dengan fitur berita, stok darah, jadwal, application, notifikasi broadcast kebutuhan darah dan website Anora yang digunakan oleh admin dengan fitur berita, stok darah, jadwal, application, serta broadcast kebutuhan darah.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v8i1.1773

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v8i1.1773.g106743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

08112782211
jtet@polines.ac.id

 
 Creative Commons License