E-learning Jaringan Komputer Berbasis Web dan Aplikasi Mobile

Sukamto, Binar Cipta Anggara

Abstract


Pendidikan yang bersifat konvensional dengan cara bertatap muka di ruang kelas memiliki keterbatasan. Selain itu, proses penyampaian bahan ajar hampir sepenuhnya dilakukan di dalam ruang kelas dapat menyebabkan penyampaian bahan ajar terlambat atau bahkan tidak tersampaikan jika pertemuan tidak terjadi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibangun E-learning Mata Kuliah Jaringan Komputer berbasis Web dan Aplikasi Mobile yang mempermudah interaksi antara dosen dengan mahasiswa dan menyediakan materi yang dapat di akses dimanapun dan kapanpun. Pembuatan aplikasi menggunakan analisis UML (Unified Modelling Language), perancangan GUI dan basis data. Implementasi web dengan PHP, ponsel dengan teknologi Java, dan basis data menggunakan MySQL. Pengujian dilakukan dengan uji browser, uji kerja web, hasil pengujian dengan ponsel, pengujian fungsional maupun non fungsional, dan pengujian pada objek mahasiswa Politeknik Negeri Semarang. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh jumlah kepuasan siswa adalah 86% yang berarti sistem pembelajaran ini sangat mudah dipahami. Aplikasi ini berjalan dengan baik dan sangat berguna dalam membantu proses perkuliahan dengan manajemen pengguna, manajemen materi, dan manajemen soal yang mudah.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v1i2.17

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v1i2.17.g17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

08112782211
jtet@polines.ac.id

 
 Creative Commons License
 
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor