ANALISIS PENGARUH KEAMANAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN NASABAH DAN KEBERMANFAATAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-BANKING PADA PT BANK BNI SYARIAH KCP MAGELANG

Fernanda Idham Kholid, Embun Duriyani Soemarso

Abstract


The research is based on the problem about the amount of interest using of E Banking in BNI Syariah Bank KCP Magelang that has the problem in decreasing of interest user of E Banking in ATM Banking product and decreasing of interest user of E Banking in Internet Banking product. The research aims to analyst the significant of saving variable influence, using facility, the costumers’ confidence and usefulness in interest user of E Banking in BNI Syariah Bank KCP Magelang. Population in this research is all costumers of BNI Syariah Bank KCP Magelang who have E Banking facility, and sample of this research is 150 costumers of BNI Syariah Bank KCP Magelang who have E banking facility that is selected using accidental sampling and purposive sampling technique. The analysis model that is used in this research is multiple linier regression.

The result of this research shows that security, ease of use, costumers trust and the usefulness of simultaneous significant effect to the interest of using E banking in PT BNI Syariah Bank KCP Magelang.


Keywords


security, ease of use, costumers trust, the usefulness, interest of using e banking.

Full Text:

PDF

References


Adamson, I and Shine, J. 2000. Extending the New Technology Acceptance Model to Measure the End User Information Systems Satisfaction in a Mandatory Environtment A Bank’s Treasury. Technology Analysis and Strategic Management. Vol. 15. No. 4.

Afifah GZ. 2014. Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Profitabilitas Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia. Skripsi Institut Pertanian Bogor.

Ahmad dan Bambang Setiyo Pambudi. 2015. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Keterbatasan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking Pada Program Layanan Internet Banking BRI. Jurnal Studi Manajemen. Vol.8, No 1.

Aini, Nur. 2016. Pengaruh Kepercayaan, Manfaat, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Nasabah Mneggunakan Internet Banking Pada Bank Mandiri Di Surabaya. Artikel Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Alamsyah, Doni Purnama dn Rizki Anugrah. 2015. Membangun Kepercayaan Nasabah Pada Internet Banking. Ecodemica. Vol. 3. No. 2.

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Banking Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Budiman, Santoso Adi. 2003. Minat Merefensikan Dalam Proses Adopsi Konsumen Pasca Masa Edukasi Pasar Fitur GPRS IM3 Smart di Surabaya. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. II, No. 1, h 1- 18.

Davis, Fred D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. Vol. 13, No. 3, pp. 319-340.

Dewi, Ni Luh Putu Eka Puspa, Ni Kadek Sinarwati dan Gede Adi Yuniarta. 2017. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1. Vol. 7. No.1.

Ghozali, 2014. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP , Semarang.

Gunawan, Andrew. 2014. Aplikasi Technology Acceptance Model Pada Minat Nasabah Untuk Menggunakan Internet Banking. Jurnal Nominal. Vol. 3. No. 2.

Marzuki. 2000. Metodologi Riset. Yogyakarta: Prasetia Widia Pratama.

Harlan, Dwimasita. 2014. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada UMKM di Kota Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Irmadhani dan Mahendra Adhi Nugroho. 2013. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Computer Self Efficacy Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonom: Universitas Negeri Yogyakarta.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, Phillip and Kevin Lance Keller. 2012. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Krauter, Sonja Grabner and Rita Faullant. 2008. Consumer Acceptance Of Internet Banking: The Influence Of Internet Trust. International Journal of Bank Marketing. Vol. 26. No. 7.

Kusmayadi, Tatang. 2007. Pengaruh Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan. Skripsi. STIE STAN Indonesia Mandiri.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mattew L. Meuter, Amy L. Ostom, Robert I. Roundtree, and Mary Jo Bitner. 2000. Self-Service Technologies: Understanding Customer Satisfaction with Technology-Based Service Encounters. Journal of Marketing. Vol. 64.

Muhammad. 2005. Manajemen Pembiayaan Syariah. UPP AMP YKPN: Yogyakarta.

Murthy, Uma, Paul Anthony Mariadas and Gopal Perumal. 2017. The Factors Affecting The Trustworthiness Of Customers Toward The Usage Of Internet Banking In Malaysia. International Journal of Business and Management. Vol. 12. No. 6.

Pertiwi, Fita dan Vidya Vitta Adhivinna.

Pengaruh Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking Di Yogyakarta Pada Nasabah Bank Mandiri. Skripsi. Universitas PGRI Yogyakarta.

Rivai, Veithzal dan Arviyan Arifin. 2010. Islamic Banking, Sebuah Teori, Konsep, dan Aplikasi. Jakarta: Bumi. Aksara.

Rohaya, Siti. 2008. Internet: Pengertian,Sejarah, Fasilitas Dan Koneksinya. Jurnal/Fihris/Fihris. Vol. Iii No.1.

Ronny. 2017. Enam Kekuatan Layanan Jasa Internet Banking: Tinjauan Dari Persepsi Nasabah. Jurnal Organisasi dan Manajemen. Volume 13, Nomor 2.

Santoso, Singgih. 2015. Menguasai Statistik Multivariate. PT Elex Media Komputindo: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fernanda Idham Kholid, Embun Duriyani Soemarso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.