THE INFLUENCES OF PRODUCT, PRICE, PROMOTION, PLACE, AND SERVICE QUALITY TOWARDS CUSTOMER SATISFACTION AT PT. BANK MUAMALAT INDONESIA SEMARANG BRANCH OFFICE

Muhamad Banu Kamal Alfirdaus, Utami Tri Sulistyorini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk, harga, promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Semarang, baik secara simultan maupun parsial.

Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Semarang. Dengan metode pengambilan sampel puposive sampling didapatkan 100 sampel yang layak untuk diteliti. Model analisis dalam penelitian ini menggunakan model analisis regresi linier berganda dan teknik analsis menggunakan Uji F, Uji Koefisien Determinasi (R2), serta Uji t yang diproses menggunakan program SPSS 22.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi, lokasi, dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Selanjutnya produk, harga, promosi, lokasi, dan kualitas layanan secara parsial masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Semarang.


Keywords


Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah.

Full Text:

PDF

References


Al – Qur’an.

A. Parasuraman, L. L. (1985). A Conceptual Model of Services Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing. Vol. 49: 33-46.

Awaluddin, Ishak and Sulvariany Tamburaka. 2017. The Effect of Service Quality and Taxpayer Satisfaction on Compliance Payment Tax Motor Vehicles at Office One Roof System in Kendari. The International Journal of Engineering and Science (IJES). Volume 6.

Budiarti, Anindhyta. 2011. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penanganan Keluhan

Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Umum

Syariah di Surabaya. Ekuitas Vol. 15 No. 2: 210 – 231.

Cengiz, Ekrem. 2007. The Effect Of Marketing Mix On Positive Word Of Mouth Communication: Evidence From Accounting Offices In Turkey. Innovative Marketing. Volume 3. Issue 4.

Dewi, Gusti Ayu Putu Ratih Kusuma, Ni Nyoman Kerti Yasa dan Putu Gde Sukaatmadja. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT BPR Hoki di Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Edastama, Primasatrian. 2014. Pengaruh Kualitas Service Terhadap Kepuasan, Kepercayaan, dan Kecenderungan Berperilaku Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi di Jakarta. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa. Vol.7. No.1.

Elat, Tisye Pingkan, Lotje Kawet, dan Altje Tumbel. 2014. Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen di Hello Tours and Travel Manado. Jurnal EMBA. Vol.2. No.3.

Farida, Ida, Achmad Tarmidzi dan Yogi November. 2016. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. Vol.1. No.1.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar N. dan Dawn C. Porter. 2010. Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Guspul, Ahmad. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal PPKM UNSIQ I 40-54.

Hartanto, Cynthi Christina dan Hatane Samuel. 2014. Analisis Pengaruh Physical Evidence, Price, Service, Location Dan Salesperson Terhadap Buying Intention di Spazio Office Building. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol.2. No.1.

Hasan. 2006. Pengaruh Kualitas Jasa Bank Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang. AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 1 No.1 April 2006. P. 1-14.

Hidayat, Rahmat. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.11. No.1: 59-72.

Irawan, Juwandi Hendy. 2004. Kepuasan Pelayanan Jasa. Jakarta: Erlangga.

Iqbal, Muhammad. 2015. Pengolahan Data dengan Regresi Linier Beganda (dengan Eviews). Jakarta: Perbanas Institute.

Ismail, Riswandhi. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Kepuasan Nasabah sebagai Prediktor dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah. Jurnal Organisasi dan Manajemen Volume 10, Nomor 2: 179-196.

Kafa, Rifqi. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Jasa Rumah Sakit. EKBISI. Vol. VIII . No. 1.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control. NJ: Prentice Hall.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2001. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran - Jilid I. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Kuncoro, Mudrajad. 2007. Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Kurniawan, Iskawanto dan Shihab, Muchsin S. 2015. Pengaruh Nilai Nasabah, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Hubungan terhadap Kepuasan Nasabah serta Implikasinya terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.13 No.2.

Lestari, Anik. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Word Of Mouth Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Buletin Ekonomi. Vol. 11 . No. 1.

Lonardo, Yasintha Soelasih. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Harga , dan Lingkungan Fisik Perusahaan Kue Lapis Legit XYZ Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Membangun Word Of Mouth Positif. Jurnal Manajemen. Vol 11. No. 1.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Mansuri. 2016. Analisis Regresi Linier Berganda Menggunakan Eviews. Jakarta: Universitas Borobudur.

Markoni, 2011. Pengaruh Dimensi Kualitas Produk terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis ISSN: 2085-1375 Edisi Ke-VI.

Mevita, Afrida Shela dan Heru Suprihhadi. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Muhamad. 2014. Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

Mundir, Abdillah. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, dan Atribut Produk Islam terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 11, No. 1, 59-72.

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nasution, M. 2005. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nazir, Mohammad. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nugroho, Ryan dan Edwin Japarianto. 2013. Pengaruh People, Physical Evidence, Product, Promotion, Price dan placeterhadap Tingkat Kunjungan di Kafe Coffee Cozies Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol.1. No. 2.

Othman, Abdul Qawi dan Lynn Owen. 2001. Adopting And Measuring Customer Service Quality in Islamic Banks: a Case Study in Kuwait Finance House. International Journal of Islamic Financial Services. Vol.3. No.1.

Putra, Hafrizal Okta Ade. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Prabayar XL di Kota Padang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 3. Nomor 1.

Rangkuti, Freddy. 1997. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Robbins, SP dan Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. 2011. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sinambela, Lijan Poltak. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, Utami Tri. 2018. Metode Penelitian: Analisis Kausal – Regresi. Semarang: Polines

Sudjinan, Sukimin, dan Jayanti, Dwi. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Kepuasan Nasabah pada KUR BRI Cabang Balikpapan. SNEMA Padang Indonesia.

Sumardiningsih, Sri, Wawan Sundawan Lies Endarwati, Arif Wibowo dan Yulia Ayriza. 2012. Pengaruh Dimensi Banking Service Quality (BSQ) Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Economia. Vol.8. No.2.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widodo dan Shihab. 2016. Membangun Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Untuk Mendukung Word of Mouth Melalui Kepuasan. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Jakarta.

Wijoyo, Andrian. 2014. Pengaruh Variable Marketing Mix Terhadap Customer Loyalty Honda-Ramayana Basuki Rachmad Surabaya Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variable Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2. No. 1.

Wiyono, Gendro. 2011. Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 dan SmartPLS 2.0. Yogyakarta: STIM YKPN.

Wowor, Valdy Ronald. 2013. Bauran Pemasaran Jasa Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Toyota Avanza Veloz PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA. Vol.1. No.4.

Zeithaml, Valarie A. and Bitner, Mary Jo. 2000. Services Marketing. Boston: Irwin McGraw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhamad Banu Kamal Alfirdaus, Utami Tri Sulistyorini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.