PENGARUH PENATAAN LAYOUT KANTOR TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROPINSI JAWA TENGAH
Abstract
Layout Kantor merupakan salah satu faktor utama dari pengembangan produktivitas kerja karyawan baik pemerintah maupun swasta. Pengaturan ruang kantor yang baik dapat membuat kondisi yang nyaman bagi karyawan.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui tata ruang kantor (layout) pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta mengetahui pengaruh layout kantor terhadap efektivitas kerja karyawan Bagian Umum dan Personalia Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Analisa data 30 kuestioner dari responden dikerjakan mengunakan penghitungan linier regresi sederhana, korelasi, analisa dan uji koefisien dengan Paket Program SPSS. Hasil regresi linier sederhana adalah Y+8,299 + 0,671X, yang berarti bahwa antara layout kantor dan efektivitas kerja karyawan mempunyai korelasi positif. Analisa korelasi menunjukkan R=0,638 yang mempunyai pengertian bahwa korelasi antara layout kantor dan efektivitas kerja itu signifikan dan positif. Uji t dari pengaruh layout kantor terhadap efektifitas kerja menunjukkan, bahwa thitung: 4,386 lebih besar dari pada ttabel: 2,048 melalui uji samping dari 5%. Hal ini menunjukkan, bahwa H0 ditolak, berarti layout kantor mempengaruhi efektivitas kerja karyawan.
Full Text:
UntitledRefbacks
- There are currently no refbacks.