ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KJKS BMT FASTABIQ PATI

Kharismarisa Nurhayati, Nyata Nugraha

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
kualitas pelayanan berdasarkan model CARTER (compliance, assurance, reliability,
tangible, emphaty,dan responsiveness) baik secara parsial maupun simultan
mempengaruhi kepuasan nasabah KJKS BMT Fastabiq Pati. Dalam penelitian ini
menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, untuk menguji pengaruh
secara simultan digunakan uji F dan untuk menguji secara parsial digunakan uji t
pada taraf signifikansi 0,05. Jumlah sampel yang digunakan untuk analisis ini
sebanyak 50 nasabah yang diambil pada saat melakukan transaksi di KJKS BMT
Fastabiq Pati. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan yang
terdiri dari compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty dan
responsivenesssecara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan nasabah. Sedangkan secara parsial hanya variabel tangibles yang tidak
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dari keenam variabel tersebut,
variabel compliance mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan
nasabah.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.