PERENCANAAN LABA MENGGUNAKAN ANALISIS BIAYAVOLUME-LABA PADA UKM SLAMET SEMARANG TAHUN 2014

Siti Murthosiyah, Maria Theresia Heni Widyarti

Abstract


Analisis biaya-volume-laba merupakan suatu teknik perencanaan
laba jangka pendek yang mendasarkan pada perhitungan dampak perubahan
biaya, volume penjualan dan harga jual terhadap laba. Parameter yang
digunakan dalam analisis ini antara lain break even point, contribution
margin dan margin of safety. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung break
even point, margin of safety untuk multi produk tahun 2013 dan 2014,
menghitung perencanaan laba tahun 2014 pada UKM Slamet Semarang serta
menghitung besarnya produk yang dijual untuk mencapai laba yang
ditargetkan. Metode pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Sedangkan untuk metode
penulisannya adalah metode deskriptif, dan metode eksposisi. Data yang
diperoleh kemudian diolah, dianalisis dan diinterprestasikan. Analisis ini
menunjukkan bahwa perubahan volume penjualan dan biaya akan
berpengaruh terhadap perubahan laba. Kenaikan laba dari tahun 2013 sebesar
15%, maka besarnya laba yang harus dicapai pada tahun 2014 sebesar Rp
4.346.550.859. Langkah untuk mencapai target laba tersebut, UKM Slamet
Semarang harus meningkatkan penjualan sebesar Rp 8.507.198.908 dengan
total volume penjualan sebesar 167.731 unit. Total penjualan pada break even
point pada tahun 2014 sebesar Rp 109.297.216 dengan volume penjualan 2.155
unit. Margin of safety pada tahun 2014 sebesar 98,71% hal ini berarti apabila
penjualan yang dianggarkan tidak tercapai resiko mengalami kerugian sangat
kecil


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.