Keterampilan Menulis Dan Permasalahannya
DOI:
https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i1.764Abstract
Aktivitas menulis atau mengarang merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang paling sulit dan tidak banyak di antara kita yang menyukainya. Padahal sebagai dosen, guru atau mahasiswa, kegiatan ini merupakan aktivitas yang wajib dijalaninya. Artikel, esai, laporan, karya sastra, buku, komik, resensi maupun cerita merupakan bentuk - bentuk dan produk dari aktivitas menulis atau mengarang. Banyaknya masyarakat yang tidak menyukai kegiatan menulis dikarenakan permasalahan - permasalahan yang harus dihadapi jika mau menggeluti kegiatan ini. Umumnya kendala - kendala itu dihadapi oleh para penulis pemula seperti, (1) takut memulai, (2) tidak tahu kapan harus memulai, (3) pengorganisasian, dan (4) bahasa.
Kata kunci : Keterampilan Menulis, Artikel, Esai, Laporan
References
Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Graves, D.H. 1978. Balance the Basic : Let Them Write. New York : Ford Foundation.
Hill, Archibald A (Ed). 1973. Linguistics, Voice of America Forum Lecturer. Washington.
Smith, F. 1981. Myths of Writing dalam Language Arts58.
Wibowo, Wahyu. 2001. Otonomi Bahasa : 7 Strategi Tulis Pragmatik bagi Praktisi Bisnis dan Mahasiswa. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Yunus, Mohammad. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas terbuka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.