Strategi Belajar Peta Konsep Model Rantai Kejadian Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Berdasarkan Cerita Pada Smp Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Demak
DOI:
https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i1.762Abstract
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas rata-rata SMP N 1 Kebonagung Demak belum memenuhi KKM belajar. Hambatan yang ditemukan disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Dengan belajar peta strategi rantai model konsep peristiwa dalam pengajaran menulis cerita pendek berdasarkan cerita rakyat dapat membantu siswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek berdasarkan cerita rakyat melalui strategi pembelajaran peta konsep model rantai peristiwa; (2) mendeskripsikan hasil yang diperoleh peningkatan siswa dalam belajar menulis cerita pendek memperoleh pengajaran menulis cerita pendek berdasarkan cerita rakyat melalui strategi pembelajaran Model peta konsep rantai peristiwa; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam belajar menulis cerita pendek. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama belajar keterampilan menulis cerita pendek berdasarkan cerita rakyat belum mencapai hasil yang diharapkan sehingga dapat ditingkatkan pada siklus kedua. Data uji dapat diketahui nilai rata-rata dari siklus pertama dari 64,4 dalam kategori cukup. Setelah aksi pada siklus II diperoleh nilai rata - rata 77,08 dalam kategori baik atau naik 12,73 atau 20%. Siswa juga menyambut positif keterampilan pembelajaran menulis cerita pendek berdasarkan cerita rakyat melalui strategi pembelajaran Model peta konsep rantai peristiwa.
Kata Kunci : Cerita Pendek, model peta konsep rantai peristiwaReferences
Anggraeni, Anggie. 2010. Penggunaan Media Animasi 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Kelas X SMA Negeri 22 Bandung Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.
Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.
Nurhayati. 2011. Artikel. Inilah Alasan Siswa Sulit Menulis Cerpen. http://www.republika.co.id/ edisi 08 Desember 2011.
Nuryatin, Agus. 2010. Mengabadikan Pengalaman dalam Cerpen. Rembang: Yayasan Adhigama
Sumardjo, Jakob dan Saini.1991.Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tarigan, Hendry Guntur. 1982. Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Hendry Guntur.1983. Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.