Strategi Belajar Peta Konsep Model Rantai Kejadian Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Berdasarkan Cerita Pada Smp Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Demak

Nuraini Nuraini

Abstract


Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas rata-rata SMP N 1 Kebonagung Demak belum memenuhi KKM belajar. Hambatan yang ditemukan disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Dengan belajar peta strategi rantai model konsep peristiwa dalam pengajaran menulis cerita pendek berdasarkan cerita rakyat dapat membantu siswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek berdasarkan cerita rakyat melalui strategi pembelajaran peta konsep model rantai peristiwa; (2) mendeskripsikan hasil yang diperoleh peningkatan siswa dalam belajar menulis cerita pendek memperoleh pengajaran menulis cerita pendek berdasarkan cerita rakyat melalui strategi pembelajaran Model peta konsep rantai peristiwa; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam belajar menulis cerita pendek. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama belajar keterampilan menulis cerita pendek berdasarkan cerita rakyat belum mencapai hasil yang diharapkan sehingga dapat ditingkatkan pada siklus kedua. Data uji dapat diketahui nilai rata-rata dari siklus pertama dari 64,4 dalam kategori cukup. Setelah aksi pada siklus II diperoleh nilai rata - rata 77,08 dalam kategori baik atau naik 12,73 atau 20%. Siswa juga menyambut positif keterampilan pembelajaran menulis cerita pendek berdasarkan cerita rakyat melalui strategi pembelajaran Model peta konsep rantai peristiwa.

Kata Kunci : Cerita Pendek, model peta konsep rantai peristiwa

Full Text:

Pdf

References


Anggraeni, Anggie. 2010. Penggunaan Media Animasi 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Kelas X SMA Negeri 22 Bandung Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.

Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.

Nurhayati. 2011. Artikel. Inilah Alasan Siswa Sulit Menulis Cerpen. http://www.republika.co.id/ edisi 08 Desember 2011.

Nuryatin, Agus. 2010. Mengabadikan Pengalaman dalam Cerpen. Rembang: Yayasan Adhigama

Sumardjo, Jakob dan Saini.1991.Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tarigan, Hendry Guntur. 1982. Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Hendry Guntur.1983. Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i1,%20April.762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats